Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Kota Malang Diganjar Penghargaan Indonesia Award 2021

Wali Kota Malang, Sutiaji saat menerima Penghargaan Indonesia Award 2021.

Malang(beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang diganjar penghargaan bergengsi pada acara Indonesia Awards 2021 di Jakarta, Rabu (24/11/2021) kemarin. Penghargaan Recovery Strategy in Pandemic ini diterima langsung Wali Kota Malang Sutiaji.

Wali Kota Sutiaji salah satu indikator daerahnya meraih penghargaan ini. Karena Kota Malang dinilai berhasil dalam mengembangkan strategi pemulihan di masa pandemi Covid-19.

“Terima kasih tak terhingga kepada masyarakat bumi Arema (Kota Malang). Penghargaan ini tentu menjadi pemacu bagi kita, elemen Kota Malang untuk secara bersama menguatkan langkah-langkah selaras pengendalian Covid-19 dengan upaya menggerakkan simpul-simpul ekonomi,” kata Sutiaji, Kamis (25/11/2021).

Sutiaji berharap momentum melandainya penyebaran Covid-19 mampu terus dipertahankan. Ia juga berharap agar di masa-masa krusial yang juga menjadi perhatian pemerintah pusat, yakni libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

“Insha Allah bila kita mampu melalui, maka itu akan semakin menguatkan langkah-langkah recovery (pemulihan) ekonomi Kota Malang,” imbuh Sutiaji.

Data kasus Covid-19 per tanggal 24 November 2021, hanya 7 pasien yang masih dalam pantauan di Kota Malang. Sedangkan kasus positif dan kematian sudah nihil. Hal itu juga dikuatkan dengan masifnya Pemkot Malang melakukan vaksinasi Covid-19. Dosis pertama vaksinasi mencapai angkat 98 persen dan dosis kedua 80 persen.

Wali Kota Malang, Sutiaji saat menerima Penghargaan Indonesia Award 2021.

“Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh warga Kota Malang memahami atas kebijakan pemerintah pusat berkaitan dengan pembatasan aktivitas di libur Nataru nanti. Kita berharap Kota Malang dan Indonesia tidak melonjak lagi kasus Covid-19 ini,” ujar Sutiaji.

Sutiaji juga meminta kepada ASN Kota Malang agar tidak mengambil cuti pada saat Nataru, kecuali ada kondisi mendesak. Hal itu telah diatur melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2021.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan apresiasinya kepada para kepala daerah yang dinilai berhasil menangani kasus Covid-19 yang selama ini menjadi tantangan besar bangsa Indonesia.

“Saya mewakili mereka yang bekerja bersama untuk mengendalikan dan menekan angka kasus Covid-19. Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih,” tutur Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, saat menerima penghargaan Outstanding Public Official Leader.

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, tidak banyak negara yang mampu dan berhasil mengendalikan angka kasus Covid-19. Namun Indonesia bisa dan mampu mengendalikan. Indonesia adalah bangsa yang besar dan patut bangga.

“Selama 162 hari kita masih terus mampu menjaga dan tentu saya berharap terus mampu dijaga. Ini tentu tidak lepas dari kepemimpinan (Presiden Joko Widodo) dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Saya sampaikan terima kasih atas kerja sama ini,” tandas Luhut Binsar Panjaitan.

Selain Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, beberapa kepala daerah mendapatkan apresiasi di acara Indonesia Award 2021 ini. Di antaranya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Malang Sutiaji, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Wali Kota Makasar Mohammad Ramadhan Pomanto, dan 19 kepala daerah lainnya. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar