Politik Pemerintahan

Kota Malang Bakal Kembangkan ITC Untuk Atur Kemacetan

Malang(beritajatim.com) – Walikota Malang, Sutiaji mengatakan untuk mewujudkan Kota Malang yang produktif dan memiliki daya saing, pemerintah harus membangun infrastuktur yang handal. Menurutnya, salah satu tantangan pembangunan di Kota Malang adalah menyiapkan kebijakan, tata kelola, dan infrastruktur yang dapat mengurai kemacetan.

“Pertambahan jumlah kendaraan pribadi sangat signifikan, tidak sebanding dengan kapasitas jalan. Sementara transportasi publik belum bisa memberikan alternatif layanan yang mengubah budaya bepergian,” kata Sutiaji, saat di Universitas Brawijaya Malang, Selasa, (30/4/2019).

Sutiaji mengatakan saat ini Pemkot Malang terus melakukan berbagai upaya baik jangka pendek untuk mengurai kemacetan dalam bentuk rekayasa lalu lintas di sejumlah koridor jalan. Pemkot Malang bakal mengembangkan Integrated Traffic Control (ITC).

“Solusi jangka pendek dan menengah lainnya yang dilakukan oleh Pemkot Malang adalah mengembangkan ITC atau sistem kontrol lalu lintas cerdas yang saat ini sebanyak 3 titik menjadi 17 titik perempatan,” papar Sutiaji.

Sutiaji menuturkan, saat ini banyak gelombang protes jalan berlubang dari masyarakat terutama di media sosial. Namun dia memastikan pemeliharaan dan perbaikan jalan di Kota Malang akan segera dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita punya aturan yang berlaku. Perbaikan jalan dan pemeliharaan jalan bakal segera dilakukan Pemkot Malang,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar