Politik Pemerintahan

Konflik PDIP di Jawa Timur Bisa Picu Kerusuhan?

Surabaya (beritajatim.com) – Konflik yang tengah terjadi di tubuh PDIP mulai menimbulkan kekhawatiran publik dapat memicu kerusuhan. Bagaimana potensinya? Sosiolog politik asal Unesa, Agus Mahfud Fauzi melihat jika potensi kerusuhan akibat adanya konflik saat pemilihan Ketua PDIP di level Kabupaten/Kota ini kecil kemungkinan terjadi. Hal itu dikarenakan kultur di PDIP.

“Sejak di bawah kendali Bu Mega, PDIP ini cenderung minim konflik. Konflik yang ada hanya di tataran bawah saja. Mereka cenderung patuh pada keputusan DPP,” ujar Agus.

Meski demikian, ia menilai jika permasalahan ini tak boleh dibiarkan berlarut. Perlu ada sentuhan khusus dari DPP PDIP dengan segera. “DPP perlu segera ambil sikap. Masalah yang ada harus diurai. Tak boleh dibiarkan berlarut. Jika tidak, tentu memiliki dampak negatif,” tegasnya.

Sebagai informasi, Konfercab PDIP yang dilakukan serentak di Jawa Timur ternyata menyisakan banyak masalah. Rata-rata hal itu terjadi karena ketidakpuasan kader-kader di akar rumput.

Beberapa wilayah yang bermasalah diantaranya adalah Bojonegoro, Pasuruan, dan Surabaya. Para Ketua PAC di wilayah itu menganggap jika hasil Muskercab yang sebelumnya telah dilakukan, tidak digubris oleh pihak DPP. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar