Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Komunitas Ngobrol Pintar Gelar Diskusi Publik ‘Kepemimpinan Muda’

Surabaya (beritajatim.com) – Komunitas Ngobrol Pintar bersama PT Perkebunan Nusantara XI menggelar diskusi publik dengan tajuk Temu Kebangsaan bertemakan ‘Kepemimpinan Muda di Masa Depan Indonesia’ di Hotel Rock, Jalan Baratajaya Surabaya, Minggu (29/5/2022).

Koordinator Komunitas Ngobrol Pintar (Ngopi), Aven Januar di Surabaya, Kamis (26/5/2022) mengatakan, diskusi publik ini diselenggarakan dengan tujuan menyambut jelang tahun politik 2023-2024 mendatang, karena banyak figur muda yang akan tampil menggantikan kepemimpinan nasional saat ini.

“Bagaimana potensi, peluang dan tantangan yang akan dihadapi oleh para calon pemimpin muda tersebut yang menjadi topik bahasan dalam diskusi yang rutin digelar satu bulan sekali ini,” katanya.

Temu Kebangsaan ini akan dihadiri para pemantik diskusi yang kompeten di bidangnya masing-masing, seperti aktivis muda 80an, pakar politik, pakar manajemen kepemimpinan, sehingga peserta akan memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kepemimpinan muda Indonesia.

Adapun pembicara yang dipastikan hadir, lanjut aktivis reformasi 98 ini, di antaranya adalah Osmar Tanjung, aktivis senior 80an yang juga Komisaris Utama PT Perkebunan Nusantara XI.

“Bang Osmar merupakan aktivis senior pergerakan pemuda yang telah malang melintang di dunia aktivisme. Ini termasuk pengalaman beliau sebagai aktivis yang berjuang di luar negeri dengan diplomasi pergerakan internasional saat beliau tinggal di Inggris selama 8 tahun. Ini akan memberikan pemahaman yang utuh terkait dinamika kepemimpinan muda di Indonesia,” tuturnya.

Pembicara kedua yakni, Prof Muradi, Guru Besar Ilmu Politik Universitas Padjajaran Bandung. Mantan Aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia pada saat gerakan reformasi 1998 ini akan memberikan penjelasan yang utuh terkait konstelasi politik nasional dan juga potensi munculnya kepemimpinan muda di periode politik mendatang.

Pembicara ketiga yakni, Achmad Yakub, mantan aktivis agraria dan pertanian yang saat ini menjabat sebagai Komite Audit Perum Bulog ini.

“Pembicara keempat adalah Budayawan Jawa Timur, Henky Kurniadi. Beliau akan memaparkan munculnya kepemimpinan muda dari perspektif budaya,” kata Aven.

Pembicara yang kelima adalah Dosen Muda dari Kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, Achmad Room Fitranto. Dia dikenal sebagai pengajar dalam manajemen kepemimpinan.

Seperti halnya mekanisme rutin yang dilakukan Komunitas Ngobrol Pintar dalam penyelenggaraan diskusi publik, maka dalam kelas sejarah ini akan dipandu dua pembawa acara yakni Aven Januar dan Edward Dewaruci.

Peserta Temu Kebangsaan bersifat terbuka bisa dari unsur mahasiswa, aktivis sosial, praktisi, akademisi, ataupun dari media. Setiap peserta diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan dan sudah melakukan vaksin Covid-19.

“Setiap peserta diharap melakukan registrasi terlebih dahulu melalui pesan WA ke nomor 083854331887, mengingat kuota peserta hanya 75 orang saja,” pungkas Aven. [tok/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar