Politik Pemerintahan

Komunitas Alumni Perguruan Tinggi Minta Amien Rais Minta Maaf

Surabaya (beritajatim.com) – Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) Jatim menolak upaya penyesatan persepsi publik. Hal ini terkait beredarnya pernyataan Dewan Pengarah BPN Prabowo-Sandi, Amien Rais tentang kemenangan Prabowo di Jatim.

“Kami Relawan Jokowi Jatim yang tergabung dalam KAPT menyayangkan pernyataan singkat Pak Amien Rais tentang kemenangan Prabowo di Jatim tanpa didasari argumentasi dan data yang akurat, kredibel dan terukur, serta patut diduga tindakan tersebut sebagai sebuah upaya delegitimasi KPU selaku penyelenggara pemilu,” tegas Ketua KAPT Jatim, Ermawan Wibisono kepada wartawan, Minggu (21/4/2019).

Pernyataan Amien Rais tersebut telah menimbulkan sesat persepsi di masyarakat atas proses rekapitulasi
pemilu yang masih berlangsung, serta menimbulkan kegaduhan politik di kalangan masyarakat yang berpotensi menimbulkan perpecahan dan konflik terbuka.

“Kami meragukan kondisi kekinian dan kearifan Pak Amien Rais dalam mencerna informasi dari orang sekitar, yang tidak lagi mencerminkan kapabilitasnya sebagai seorang akademisi atau profesor yang
terkemuka,” tukasnya.

KAPT juga menuntut Amien Rais untuk dapat menunjukkan data-data pendukung atas penyataannya
tersebut secara terbuka di hadapan masyarakat, sebagai sebuah bentuk pertanggungjawaban publik atas apa yang telah dinyatakan.

“Kami tuntut Pak Amien Rais untuk meminta maaf secara terbuka khususnya kepada masyarakat Jatim, apabila tidak bisa menunjukkan data valid atas pernyataannya. Melakukan tindakan hukum seperlunya, apabila Pak Amien Rais tidak melaksanakan tuntutan ini,” jelasnya.

Sebagai bagian dari warga bangsa yang taat hukum, hendaknya kepentingan bangsa harus dikedepankan di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan.

“Kami mengimbau agar semua pihak menjaga situasi agar tetap kondusif, meminimalkan potensi konflik di masyarakat dan bersama-sama menunggu hasil resmi rekapitulasi KPU, dalam suasana tenang, guyub dan rukun,” pungkasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar