Politik Pemerintahan

Komposisi Pimpinan Demokrat di DPRD Pamekasan Tuntas

Ismail (kiri) berpose bersama legislator partai Demokrat, termasuk Ketua DPC Partai Demokrat Pamekasan, Hermanto (kanan) yang kembali terpilih sebagai pimpinan DPRD Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Politisi muda Partai Demokrat Pamekasan, Ismail diplot sebagai Ketua Fraksi Demokrat di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, Periode 2019-2024.

Penetapan tersebut sempat berlangsung alot di lingkungan internal partai politik (parpol), khususnya untuk posisi jabatan pimpinan di gedung wakil rakyat. Sebab nama Ismail sempat bersaing dengan Hermanto untuk mengisi posisi jabatan pimpinan dari partai Demokrat.

“Alhamdulillah untuk posisi struktural internal partai Demokrat di DPRD Pamekasan, sudah rampung. Saudara Ismail ditetapkan sebagai Ketua Fraksi dan untuk pimpinan kami pribadi kembali dipercaya,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Pamekasan, Hermanto kepada beritajatim.com, Rabu (19/9/2019).

Memang penentuan posisi pimpinan di internal Partai Demokrat sempat berlangsung alot, hal tersebut berlangsung hampir sebulan pasca pelantikan anggota DPRD Pamekasan, Rabu (21/8/2019) lalu. Bahkan partai Demokrat juga menjadi parpol terakhir yang menyetorkan komposisi fraksi.

“Kami akui penetapan ini sempat berlangsung lama, namun yang pasti Demokrat bukan parpol terakhir yang terlambat mengusulkan nama-nama kelengkapan dewan. Masih ada parpol lain yang hingga saat ini belum menyetorkan komposisi khususnya di sektor pimpinan,” ungkapnya.

Disinggung soal ketetapan tersebut, pihaknya memastikan hal tersebut murni menjadi wewenang partai mulai dari tingkat wilayah maupun pusat. “Semua ini merupakan keputusan partai, sebagai kader kita harus siap menjalankan amanah yang diberikan partai,” tegasnya.

Kondisi tersebut sekaligus memastikan komposisi fraksi di DPRD Pamekasan sudah rampung, masing-masing Fraksi Demokrat dipimpin Ismail, Fraksi Gerindra yang dipercayakan kepada Rida’i sebagai ketua fraksi, Fraksi PKS dijabat Suyono, Fraksi PKB ditempati Khoirul Umam, serta Fraksi PPP yang dipercayakan kepada Achmadi. Selanjutnya Ketua Fraksi Madani (Golkar, PBB dan Perindo) dijabat politisi Golkor, Achmad Tatang dan Fraksi PAN-NasDem dijabat Hamidi.

Sementara untuk unsur pimpinan (Ketua dan Wakil Ketua) DPRD Pamekasan, nantinya akan diisi oleh para politisi dari perwakilan lima parpol berbeda yang memastikan mendapat jatah satu fraksi. Masing-masing Partai Demokrat, Partai Gerindra, PKB, PKS dan PPP.

Hanya saja dari komposisi pimpinan, posisi kandidat Ketua DPRD Pamekasan belum sepenuhnya rampung. Sebab saat ini masih terjadi ‘penggodokan alot’ untuk menentukan dua sosok berbeda sebagai pimpinan berkat keberhasilan mereka sebagai parpol pemenang pemilu, yakni Fathor Rahman dan Halili. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar