Politik Pemerintahan

Komisi III Rekomendasi Pembongkaran Dua Proyek di Sampang

Sidak komisi III DPRD Sampang ke lokasi proyek saluran

Sampang (beritajatim.com) – Hasil inspeksi mendadak (Sidak) Komisi III DPRD Kabupaten Sampang, merekomendasikan pembongkaran dua proyek. Masing-masing proyek pemasangan pipa SPAM Sumber Payung di Kecamatan Robatal dengan anggaran Rp 2,6 milliar dan proyek pembangunan saluran irigasi kawasan Dekranasda yang berada di kawasan kota Sampang senilai Rp 895.000.000.

“Di lokasi proyek pemasangan pipa kami menemukan pengerukan yang hanya sekitar 80 centimeter, harusnya kedalamannya sekitar 1 meter,” terang anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sampang, Hosni Mubarak, Kamis (5/12/2019).

Pantauan di lokasi, saat rombongan komisi III menanyakan langsung kepada konsultan pengawas, terlihat bingung dan tidak manjawab pertanyaan. “Pengawasnya hanya diam, ini menunjukkan ada yang tidak beres,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, anggota Komisi III lainya Moh FarFar mengaku kecewa dengan spesifikasi kontruksi bangunan saluran di kawasan proyek Dekranasda Kabupaten Sampang. Sebab saat melakukan sidak banyak ditemukan U-Ditch yang tidak menggunakan kawat sesuai spesifikasi pabrikan.

“Itu dibuktikan setelah ada yang patah tidak sengaja terinjak saat sidak tadi, bahkan kawat yang digunakan seperti kawat jemuran,” jelasnya.

Usai sidak dan melakukan kajian, wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sampang, A. Hamiduddin merekomendasikan kepada dinas terkait untuk segera dilakukan surat perintah pembongkaran terhadap dua proyek pembangunan itu. Pasalnya, karena sudah jelas ada ketidakcocokan antara Rencana Anggaran Biaya (RAB) dengan kondisi di lapangan.

“Setelah kami memanggil dinas terkait, kami langsung merekomendasikan untuk dibongkar ulang hingga batas waktu kontrak yang tersisa,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Sampang Majid S enggan memberikan komentar kepada awak media yang melakukan peliputan. “Maaf tidak bisa komentar,” tandasnya singkat. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar