Politik Pemerintahan

Komisi D Ragukan Kualitas Proyek Aula Puskesmas Kamal

Anggota komisi D DPRD Bangkalan saat mendatangi Puskesmas Kamal, Rabu (4/11/2020)

Bangkalan (beritajatim.com) – Komisi D DPRD Kabupaten Bangkalan, melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke proyek pembangunan rehabilitasi Puskesmas di Kecamatan Kamal. Hal itu dilakukan karena khawatir dengan kualitas bangunan yang dikerjakan saat musim penghujan.

Subaidi, anggota komisi D mengatakan, dalam sidak tersebut pihaknya menemukan adanya cor yang dibuka sebelum waktunya. Hal ini memicu kekhawatiran terhadap kualitas bangunan tersebut.

“Harusnya cor itu dibuka setelah 21 hari agar hasilnya kokoh, sementara kami menemukan cor yang dibuat kemarin sudah dibuka hari ini, tentu kualitasnya perlu dipertanyakan,” jelasnya, Rabu (4/11/2020).

Pihaknya mengaku belum bisa menilai apakah sudah sesuai dengan RAB atau belum. Sebab, saat sidak dilakukan, kepala Puskesmas dan pihak kontraktor tidak berada di lokasi. “Kami belum tau sudah sesuai RAB atau belum, nanti secepatnya akan kami panggil pihak terkait untuk mengetahui detailnya seperti apa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo menyampaikan hasil evaluasi dari pembangunan tersebut sesuai dengan RAB. Ia juga menyampaikan, proyek itu dikhususkan sebagai aula Puskesmas Kamal.

Diketahui, proyek sebesar Rp 350 juta tersebut bersumber dari fasilitasi gubernur dari APBD perubahan 2020 dan dimenangkan oleh CV Dua Putri Gemilang. Pembangunan gedung di lantai dua itu dikerjakan sejak 16 Oktober hingga 26 Desember mendatang. “Sejauh ini sesuai dan akan terus kami pantau agar pengerjaan sesuai dengan RAB,” singkatnya.

Terpisah, penanggungjawab pelaksana, Imam mengatakan adanya temuan dari komisi D tersebut diakuinya tak akan mempengaruhi kekuatan bangunan. Ia mengatakan, telah menggunakan material dan teknik pengerjaan yang sesuai dengan RAB. “Semuanya sesuai dan kami pastikan kualitas bangunan sesuai dengan RAB,” tandasnya. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar