Politik Pemerintahan

Komisi C DPRD Bojonegoro Siap Bantu Pekerja yang Tidak Dapat THR

Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro Mochlasin Affan

Bojonegoro (beritajatim.com) – Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro Mochlasin Affan selain melakukan pemantauan terhadap penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR), juga mendorong kepada pekerja untuk meminta haknya kepada perusahaan.

“Karena mereka juga sudah mencurahkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk bekerja. Sehingga sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan memberikan THR kepada pekerja,” ujar Affan, Kamis (22/4/2021).

Komisi C, lanjut dia, juga akan mendampingi pekerja yang berani melapor jika ada perusahaan yang tidak membayarkan THR. Termasuk, kemudahan media informasi saat ini juga akan dimanfaatkan menjadi sumber data untuk mengawasi pembayaran THR.

“Karena tren yang terjadi sekarang masyarakat beraninya mengeluh ke media sosial. Kemarin sudah koordinasi internal bersama Disperinaker melakukan evaluasi terkait THR dan mungkin yang akan kita kunjungi adalah perusahaan yang gagal bayar THR,” kata Politisi Demokrat.

Kepala Seksi Hubungan Industrial Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro Rafiuddin Fathoni mengungkapkan, di Kabupaten Bojonegoro sendiri jumlah perusahaan yang tercatat secara keseluruhan ada sekitar 2.105 perusahaan.

Sedangkan perusahaan yang Wajib Lapor Ketenagakerjaan sesuai Undang-undang Nomor 7 tahun 1981 sebanyak kurang lebih 436 perusahaan. Dan jumlah tenaga kerja sekitar 47 ribu lebih.

“Dari jumlah perusahaan itu, yang terdampak Pandemi Covid-19, diantaranya perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, perhotelan dan pariwisata. Banyak pegawai yang dirumahkan, selain itu kemungkinan masih aman,” ujarnya. [lus/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar