Politik Pemerintahan

Komisi B: Bojonegoro Tak Hanya Terima DBH Migas Rp 956 Miliar Saja

Bojonegoro (beritajatim.com) – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, Lasuri mengaku telah memegang data Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas Bumi (DBH Migas) Kabupaten Bojonegoro tahun 2020.

Besaran DBH Migas tahun 2020 mendatang adalah sebesar Rp 2,6 triliun. Meski, Kementrian Keuangan sekarang hanya mempublikasikan sebesar Rp 956 miliar. “Saya sudah pegang datanya dari Kementrian Keuangan. Bojonegoro tidak hanya terima Rp 956 miliar saja,” ujarnya,

Hal itu, kata dia, karena lapangan migas Banyu Urip, Blok Cepu yang ada di Bojonegoro saat ini merupakan tulang punggung produksi nasional sebesar 225 ribu barel per hari. Selain itu harga minyak mentah dunia dan kurs dolar dalam kondisi stabil. Sehingga secara perhitungan, tidak mungkin Bojonegoro hanya mendapat ratusan miliar.

Menurutnya, angka Rp 956 miliar yang dipasang Kementrian Keuangan merupakan skema rata-rata yang dipakai dalam kurun lima tahun terakhir dalam perhitungan DBH Migas di Bojonegoro. “Saya sangat yakin sekali, jika masih ada tambahan lagi,” tandas Lasuri.

Tambahan sebesar itu, akan membuat keuangan di Bojonegoro kembali mengalami sisa lebih anggaran jika ditambahkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan. “Oleh karena itu, kami mendorong agar Kemenkeu tidak menggunakan skema seperti ini lagi di tahun berikutnya,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Badan Pendapatan Kabupaten Bojonegoro, Dilli Tri Wibowo, mengaku belum mengetahui jika ada tambahan untuk DBH Migas. “Informasi sementara yang kami dapat, penerimaan DBH Migas di APBD induk adalah sebesar Rp 956 miliar,” tukasnya.

Bahkan, tahun 2019, Kemenkeu hanya mentransfer DBH Migas di triwulan ke-III sebesar Rp 1,7 triliun dari target sebesar Rp 2,1 triliun. Selain itu, ada lebih salur DBH Migas tahun 2018 sebesar Rp 497 miliar yang hingga kini tidak ada pemberitahuan kapan ditransfer ke rekening daerah. [lus/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar