Politik Pemerintahan

Kodim 0820 Probolinggo Bantu Warga yang Terlewati Bantuan Pemerintah

Probolinggo (beritajatim.com) – Kodim 0820 Probolinggo siapkan 1.500 paket sembako cadangan bantuan covid-19. Target penerimanya adalah warga kurang beruntung yang terlewati bantuan dari pemerintah daerah.

Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol. Infanteri, Imam Wibowo, menyatakan, paket sembako dari kodim akan digelontorkan seusai  bantuan dari pemerintah daerah seluruhnya  didistribusikan. “Kita akan menyisir warga baik di Kota maupun Kabupaten Probolinggo, yang belum terima bantuan,” terangnya, Sabtu (9/5/2020).

Imam Wibowo, merinci, 500 paket sembako dihimpun dari donatur swasta. Sementara 1000 paket lainnya sumbangan anggota TNI. “Saya ucapkan terima kasih kepada para donatur yang terlibat. Semoga bantuan itu bisa meringankan beban masyarakat terdampak covid-19,” tandasnya.

Meski ikut menghimpun bantuan, Kodim 0820 tetap fokus pada tugas pokok menjadi bagian dari Satuan Tugas (Satgas) percepatan penyelesaian pamdemi corona untuk Kota/Kabupaten Probolinggo.

“Banyak pihak yang menyalurkan bantuan kepada kami. Tapi selama pandemi, Kodim tetap pada tugas pokok satgas covid-19. Promotif dan preventif menjamin keaman membantu tugas kepolisian dan pemerintah daerah. Saya berharap warga Probolinggo, tetap disiplin,” katanya.

Pantauan beritajatim.com, sejak sepekan terakhir, recovery ekonomi bagi masyarakat terdampak corona di Probolinggo, mulai dilaksanakan. Pemkot Probolinggo misalnya,  mulai menyalurkan bantuan bersumber dari APBD lewat kelurahan-kelurahan. Peket sembako Pemkot Probolinggo, berisi beras 10 kg, mie instan 20 bungkus, minyak 1 liter atau gula 1 kg.

Wakil Wali Kota Probolinggo, HMS Subri,  menegaskan, bantuan sebanyak 40.455 paket sembako pemkot diperuntukkan bagi non ASN-TNI-Polri dan warga yang merasa sudah mampu. Dia merinci angka 40.455 didapat dari Kecamatan Mayangan 11.174 KK, Kanigaran 10.098 KK,  Kademangan 8058 KK, Wonoasih 6075 KK dan Kedopok 5050 KK.

“Kalau ada yang tidak dapat (dari pemkot) mungkin sudah dapat PKH, BDT atau bantuan dari pusat dan provinsi. Apabila ada yang terlewat tolong disampaikan melalui posko di kelurahan, biar kami perbaiki untuk masuk datanya di pembagian berikutnya,” Kata dia.  Puluhan ribu paket sembako itu, lanjut politisi Partai Demokrat itu, akan diberikan selama tiga bulan, mulai Mei-Juni dan Juli. (eko/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar