Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Koalisi Gerindra – PKB Solid hingga Tingkat Daerah

Jakarta (beritajatim.com) – Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sudah sepakat untuk menjalin kerjasama politik menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kian intens menggelar berbagai langkah-langkah pemenangan. Kerjasama itu dibuktikan dengan menggelar berbagai kegiatan secara bersama-sama hingga ke jajaran pengurus dan kader di berbagai daerah.

Dalam beberapa waktu belakangan, sejumlah kegiatan yang digelar oleh PKB di berbagai daerah juga dihadiri oleh jajaran pengurus Partai Gerindra. Misalnya saat Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menghadiri acara pesta durian bersama ratusan petani durian, sawit dan karet di Kebun Durian Jakung, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (24/8/2022) lalu, sejumlah pengurus Partai Gerindra juga terlihat hadir.

Begitu pula ketika cak Imin, sapaan Muhaimin menghadiri Musyawarah Cabang Perempuan Bangsa di Lubuklinggau pada hari yang sama, juga hadir sejumlah pengurus Partai Gerindra setempat.

Cak Imin menyebut, kegiatan pemenangan yang dilakukan secara bersama oleh kedua partai politik ini merupakan implementasi dari kesepakatan koalisi yang sebelumnya ditandatangani antara PKB dan Gerindra. ”Salah satu poin penting dalam Piagam Deklarasi PKB dengan Gerindra adalah menindaklanjuti koalisi ini dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati,” ujar Cak Imin di Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Wakil Ketua DPR RI ini mengatakan bahwa dalam beberapa waktu kedepan, jajaran pengurus kedua partai di berbagai tingkatan akan terus melakukan upaya-upaya pemenangan bersama. ”Saya melihat kader di daerah sangat bersemangat untuk menyambut koalisi yang dibangun PKB dengan Gerindra ini. Beberapa kegiatan yang digelar oleh pengurus PKB di daerah juga melibatkan teman-teman Gerindra,” katanya.

Tidak hanya itu, Cak Imin juga mengatakan bahwa ke depan dirinya juga akan melakukan sejumlah kegiatan bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. ”Intinya bahwa koalisi yang sudah kita sepakati tentu harus kita tindaklanjuti dengan langkah-langkah pemenangan. Kita lakukan terus sosialisasi ke berbagai daerah, ke basis-basis pendukung kedua partai. Alhamdulillah, respons dan antusias kader di daerah luar biasa dalam memberikan dukungan terhadap koalisi yang kita bangun,” tuturnya.

Diketahui, sebelumnya PKB dan Gerindra telah menandatangani kerjasama politik di Sentul, Jawa Barat, Sabtu (13/8/20220 lalu.

Ada lima poin yang disepakati dalam kerjasama tersebut. Pertama, dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Partai Gerindra dan PKB bekerja sama dalam pemilu serentak tahun 2024. Kedua, kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera, dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

Poin ketiga, kerja sama Partai Gerindra dan PKB dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni nasionalis dan religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu tahun 2024 dan dapat membuka koalisi dengan partai politik lain atas persetujuan kedua belah pihak.

Keempat, calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama politik Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/ Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Dan poin terakhir, kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati. [hen/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev