Politik Pemerintahan

Klaim Rekom Cabup Jember, Anggota DPR RI dari Nasdem Panen Kecaman

Jember (beritajatim.com) – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Garda Pemuda Nasional Demokrat Jember David Handoko Seto mengecam Fadil Muzakki Syah, anggota DPR RI partai itu.

Kecaman dikarenakan Fadil mengunggah pernyataan di Facebook, bahwa Nasdem telah merekomendasikan Hendy Siswanto sebagai calon bupati Jember.

“Maaf ini bukan klaim. Saya ini anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem. Setiap saat bisa bertemu Bapak Surya Paloh Ketum, Waketum Muhammad Ali (Ketua Fraksi DPR RI), Mas Prananda Surya Paloh (Bapilu Partai Nasdem), dan lain-lain pengurus inti DPP,” demikian pernyataan itu.

David menilai pernyataan Fadil bisa mengganggu kondusivitas internal partai. “Semestinya beliau membuat Jember kondusif. Tidak menyampaikan sesuatu yang menjadi ranah prerogatif DPP (Dewan Pimpinan Pusat). Rekom cabup kewenangannya ada di Ketua Umum Partai Nasdem Pak Surya Paloh,” katanya, Sabtu (7/3/2020).

“Apa yang disampaikan Ra Fadil berdampak pada tidak kondusifnya internal partai kami. Semestinya partai yang hari ini sudah kondusif, dijaga,” kata David.

Kedekatan Fadil dengan elite-elite politik Nasdem tak berkaitan dengan masalah rekomendasi cabup. “Saya yakin kalau soal rekom, hingga hari ini untuk Jember belum diturunkan,” kata David.

David melihat dinamika politik di Jember masih belum tertebak. “Ada beberapa calon bupati yang memang layak diberi rekomendasi, asal bukan petahana. Petahana hari ini mendaftarkan diri melalui jalur independen. Artinya, beliau sudah tidak lagi butuh partai politik,” katanya.

Selain Hendy Siswanto, ada cabup lain yang juga berkomunikasi aktif dengan Dewan Pimpinan Daerah dan Dewan Pimpinan Cabang Partai Nasdem seperti Djoko Susanto, mantan kepala Badan Pertanahan Nasional Jember. “Jadi tidak pantaslah kalau Ra Fadil yang bukan pengurus Partai Nasdem nenyampaikan kepada publik melalui media,” kata David.

Kecaman juga datang dari alumni Akademi Bela Negara Nasdem Kholilurohman. “Ra Fadil offside,” katanya. Tindakan Fadil dinilainya tidak memberikan contoh bagus dalam politik.

Menurut Kholilurahman, bukan sekali ini saja Fadil melampaui kewenangan pengurus dalam urusan partai. Ia menantang Fadil untuk segera mendeklarasikan pencalonan Hendy jika memang rekom sudah di tangan. “Tunjukkan buktinya,” katanya. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar