Politik Pemerintahan

Kinerja BPD di Kabupaten Malang Belum Maksimal

Ketua DPC Abpednas Kabupaten Malang, Baweh..

Malang (beritajatim.com) – Peran Badan Permusyawaratan Desa atau BPD di Kabupaten Malang belum maksimal. Hal itu diungkapkan Asosiasi BPD Nasional alias Abpednas.

Ketua DPC Abpednas Kabupaten Malang, Baweh mengatakan bahwa untuk memaksimalkan kinerja BPD, pihaknya bakal mengumpulkan seluruh BPD dari Kabupaten Malang untuk diberikan pembekalan.

“Ibu Gubernur sudah dipastikan datang nanti. Beliau pasti akan memberikan arahan. Itu nanti hari Minggu di Boon Pring Andeman, Turen,” ungkap Baweh, Jumat (28/2/2020) siang.

Baweh menegaskan, ada 3.402 BPD di Kabupaten Malang. Setiap desa, ada 9 orang BPD, yang terdiri dari ketua dan anggota.

“BPD ini kan seharusnya saling bersinergi dengan kepala desa. Ada sebagian yang hanya sendiko dawuh ke kades. Itukan sebenarnya tidak dibenarkan, seharusnya kan BPD itu ikut membantu membangun desa. Saya akui selama ini kinerjanya memang belum maksimal,” tuturnya.

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPD Abpednas Jawa Timur ini juga mengharapkan, dengan adanya pembekalan tersebut kinerja BPD bisa lebih maksimal dan berkontribusi dalam pembangunan desa.

“Dengan adanya ini, harapannya nanti BPD bisa lebih maksimal. Termasuk terkait kesejahteraan. Juga agar masyarakat tahu, bahwa BPD ini mendukung kinerja pemerintah desa. Karena selama ini, hampir semua tidak tahu tentang tupoksinya. Makanya perlu sosialisasi itu untuk meningkatkan kinerja,” Baweh mengakhiri. [yog/but]

 





Apa Reaksi Anda?

Komentar