Politik Pemerintahan

Kiai Ma’ruf Amin Serukan Ayo Mondok

Demak (beritajatim.com) – Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH. Ma’ruf Amin kembali menyerukan gerakan Ayo Mondok. Seruan itu disampaikan Ma’ruf seperti dalam pernyataan tertulisnya saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al Hidayat Krasak Temuroso Guntur, Demak, Jawa Tengah, Selasa (5/2).

Kiai Ma’ruf mengatakan generasi muda perlu dipersiapkan sebagai ulama. Regenerasi ulama melalui gerakan ini penting dilakukan.

“Mari kita dukung upaya-upaya para ulama mendirikan pesantren itu termasuk mengirim anaknya ke pesantren. Saya setuju sekali dengan gerakan ayo mondok,” ucapnya.

Kiai Ma’ruf turut menghimbau kepada para orangtua agar anak-anak dengan kecerdasan tinggi mau bersekolah di pondok pesantren.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini khawatir jika anak-anak yang dengan keterbatasan ilmu dikirim ke pesantren tidak akan membawa perubahan.

Sebab, santri yang akan menjadi ulama harus mampu mengimplementasikan banyak ilmu dan bisa membagikan ilmunya kelak kepada masyarakat.

“Satu anak kita harus kita kirim ke pesantren. Anak tiga, satu ke pesantren, punya anak lima, satu ke pesantren, tapi yang dikirim ke pesantren itu anak yang paling pinter. Jangan anak yang paling bodoh,” kata Ma’ruf.

“Yang pinter disuruh jadi dokter, yang pinter di suruh jadi insinyur, yang pinter disuruh jadi ahli, giliran yang bodoh dikirim ke pesantren saja. Jadi santri itu disebut KW 2, nanti kalau jadi kiai, kiai bodoh. Padahal kiai itu harus pinter, karena akan membimbing umat,” bebernya.

Kiai Ma’ruf juga mengimbau para orangtua yang mengirim anaknya ke pondok pesantren karena sang anak tidak bisa diurus, malas-malasan dan mendapat nilai jelek di sekolah.

“Apalagi ada lagi yang kelewatan, anak yang sudah tidak bisa diurus, teler terus, rapotnya merah terus, lalu di titipkan saja di pesantren. Akhirnya pesantren yang begitu tempat bengkel anak-anak nakal,” jelas Ma’ruf.

Untuk itu, ia meminta semua pihak untuk mendukung program ayo mondok di pesantren-pesantren untuk generasi penerus ulama yang berkualitas.

“Jadi kita dukung supaya ada penerus perjuangan dalam rangka membangun umat,” imbuhnya.

Sementara itu, kunjungan Kiai Ma’ruf ke Pondok Pesantren Al Hidayat Krasak Temuroso Guntur, Demak sekaligus bersilahturahmi dengan Pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayat, KH Misbah Munir atau Mbah Misbah Krasak dan pengurus Ponpes.

Acara silahturahmi juga diisi dengan Sholawat bersama dengan ribuan santri serta Muslimat, Fatayat, Ansor, Banser dan warga krasak di sekitar Pondon Pesantren Al-Hidayah Demak. [hen/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar