Politik Pemerintahan

Khofifah Pastikan Stok Kebutuhan Pokok Aman

Bojonegoro (beritajatim.com) – Stok kebutuhan pokok menjelang dan hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di Jawa Timur dipastikan aman. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sehingga memastikan tidak ada kelangkaan selama merayakan lebaran. Selain itu, kenaikan harga juga dipastikan tidak terlalu signifikan.

Dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok itu, Khofifah juga melakukan pengecekan langsung ke pasar tradisional di Jawa Timur. Termasuk salah satunya di Pasar Kota Bojonegoro pada Jumat (24/5/2019) dengan didampingi Bupati Anna Mu’awanah dan Wakil Bupati, Budi Irawanto, beserta Forkompinda.

“Baik itu beras, gula, daging ayam, daging sapi, telur, minyak goreng, cabai, bawang merah, bawang putih, dan komoditas lainnya masih cukup baik saat hari raya maupun sebelumnya,” ujar Khofifah.

Seperti Harga bawang putih yang sempat menempati Rp 70.000 per kg kini berangsur turun bahkan cenderung stabil menjadi Rp 23.000 per kg. Kemudian harga beras jenis medium Rp 8.600 per kg, dan harga telur sebesar hari ini Rp 19.000 per kg, Daging ayam Rp 32.000 per kg. Harga daging sapi juga stabil, antara Rp105.000 per kg sampai Rp110.000 per kg untuk jenis super.

Untuk menjaga agar stok kebutuhan pokok tetap aman, Khofifah mengimbau agar masyarakat berbelanja secukupnya. jika membeli kebutuhan terutama Sembilan Bahan Pokok (sembako) jangan terlalu banyak. “Kalau belanja jangan terlaku banyak karena khawatir harga melonjak, justru malah berdampak pada kenaikan inflasi,” tegasnya.

Meski dia memastikan tidak ada kenaikan harga secara signifikan, namun keberadaan operasi pasar masih diberlakukan. Operasi pasar ini dilakukan untuk memberikan layanan kepada masyarakat sebagai pasar murah. Namun jumlah pembeliannya tetap dibatasi, sehingga bisa merata.

“Kami melakukan pasar murah di banyak titik, dan meminta kepada Pemkab Bojonegoro untuk menyediakan voucher agar tepat sasaran,” pungkasnya. [lus/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar