Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Khofifah Butuh Pendulang Suara Madura, Fauzi Berpotensi Cawagub

Surabaya (beritajatim.com) – Khofifah Indar Parawansa diprediksi bakal membutuhkan figur pendulang suara atau vote getter untuk wilayah Madura, jika ingin kembali menang di Pilgub Jatim 2024.

Dalam sejarah politik di Jatim, wilayah Madura disebut wilayah dengan pemilih unik, sehingga diperlukan perhatian khusus bagi pasangan calon kepala daerah.

“Meski tidak selalu, tapi vote getter kewilayahan ini menjadi penting untuk strategi pemenangan pilkada,” kata Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Prof Ahmad Zainul Hamdi usai ‘Sarasehan Politik: Jawa Timur Mencari Pemimpin’ yang diadakan lembaga survei ARCI di Hotel Elmi Surabaya, Jumat (23/9/2022).

Khofifah sendiri memiliki histori kuat dalam perhelatan Pilgub Jatim di Madura. Pada Pilgub 2008 melawan Soekarwo, KPU bahkan menggelar coblos ulang di Bangkalan dan Sampang, serta penghitungan ulang di Pamekasan karena adanya dugaan kecurangan yang terstruktur, sistematis dan massif.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt menyebut nama Bupati Sumenep Ahmad Fauzi sebagai alternatif pilihan calon wakil gubernur pendamping Khofifah untuk memperkuat wilayah Madura.

Nama yang disebutnya bukan tanpa alasan, karena berdasarkan simulasi survei pada 5-12 September 2022 kepada 1.200 responden, Khofifah akan menang telak di Pilgub Jatim, jika bergandengan dengan politisi muda kader PDI Perjuangan itu.

Tiga simulasi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim dimaksud adalah Khofifah-Ahmad Fauzi mengantongi elektabilitas 40,1 persen, disusul Emil Dardak-Fauzan Fuadi 17,2 persen, dan Heru Tjahjono-Eri Cahyadi 10,5 persen. Sedangkan, 32,2 persen responden sisanya tidak menjawab/tidak tahu.

Menurut dia, ada dua alasan utama mengapa nama Ahmad Fauzi diprediksi memiliki elektabilitas kuat, jika dipasangkan dengan Khofifah. “Selain pendulang suara wilayah Madura, dia adalah representasi milenial, dan Ahmad Fauzi punya catatan kepemimpinan yang baik di Sumenep selama ini,” terangnya.

Lagi pula di kategori bakal cawagub, lanjut Baihaki, elektabilitas Fauzi juga terus menanjak. Jika di survei sebelumnya masih 2,08 persen, kini keterpilihannya naik ke angka 4,7 persen. (tok/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev