Politik Pemerintahan

Khataman PKS Jatim, Irwan: Alquran Obat Mujarab di Masa Pandemi

Surabaya (beritajatim.com) – Hari turunnya Alquran diperingati oleh DPW PKS Jawa Timur dengan menggelar khataman bersama secara serentak yang dilakukan oleh pengurus PKS seluruh Jawa Timur pada Kamis (29/4/2021) di Graha Tamniyatul Iman, Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Kegiatan ini, ujar Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan diharapkan mampu menstimulus pengurus PKS untuk lebih melayani rakyat.

Kegiatan khataman Alquran dilakukan oleh pengurus DPW PKS yang diikuti oleh 30 orang pengurus PKS Jawa Timur. Masing-masing orang mengambil secara acak juz berapa yang didapat untuk dibaca, kemudian dibaca bersama-sama hingga tuntas 30 juz.

Kegiatan ini juga diikuti secara bersama-sama oleh pengurus PKS tingkat kabupaten/kota, kecamatan bahkan di tingkat desa melalui kanal Zoom dan Youtube.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Ketua MPW PKS Jatim Yusuf Rohana, Sekretaris MPW PKS Jatim Ahmad Habibul Muiz, Sekretaris DPW PKS Jatim Ahmadi dan Bendahara DPW PKS Jatim Lilik Hendarwati.

Dalam sambutannya, Irwan menyampaikan bahwa kegiatan ini akan mengundang berkah Allah SWT dan tentu saja mengundang kebaikan untuk bersama.

Pria 45 tahun ini menyampaikan bahwa pengurus PKS harus mampu mengambil nilai positif dan spirit dalam momentum Nuzulul Quran ini, sehingga bisa lebih menguatkan pelayanan PKS kepada masyarakat.

Irwan mengajak umat Islam khususnya pengurus PKS di Jawa Timur untuk meningkatkan intensitas interaksinya dengan Alquaan dengan tidak hanya membaca, tapi juga menghafalkan dan mengamalkan apa yang ada dalam Alquran.

“Alquran tentu saja tidak hanya dibaca, tapi juga dihafalkan, dan diamalkan. Alquran mengajarkan bagaimana akhlak seorang muslim kepada orang lainnya, bagaimana menghargai dan mendahulukan orang lain misalnya,” katanya.

Karenanya dengan spirit ini, dia berharap kepada seluruh pengurus PKS di Jawa Timur untuk menguatkan pelayanan kepada rakyat, memberi berbagai solusi untuk masyarakat. “Mudah-mudahan Allah SWT memberi balasan kebaikan untuk perjuangan kita,” imbuhnya.

Bagi Irwan, Alquran merupakan bekal yang diperuntukkan dalam menghadapi problematika kehidupan manusia.

Harapan Irwan terhadap pengurus PKS dalam momentum ini, ia menambahkan sesuai dengan visi PKS, sebagai partai Islam yang rahmatan lil alamin yang kokoh dan terdepan dalam melayani rakyat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia kemudian berharap agar kedekatan dengan Alquran bisa menjadikan obat bagi semua, khususnya bagi bangsa Indonesia. “Terlebih di masa pandemi ini. Mudah-mudahan jadi obat kita semua, sehat semua, baik kesehatan, sosial maupun ekonomi,” harap Irwan.

Kegiatan khataman Alquran itu kemudian ditutup dengan doa khotmil Alquran dan doa yang salah satunya dikhususkan untuk patriot bangsa yang wafat akibat tenggelamnya kapal Nanggala 402.

Doa dibacakan langsung oleh Dr KH Mudawi Maarif, Lc MA, salah satu ulama dari Indonesia pemegang sanad muttasil bersambung sampai Rasulullah dengan qira’ah riwayat hafs & ‘asyra, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tahfidz Ibnu Sina Sidoarjo.

Selain kegiatan ini, PKS juga menggelar kegiatan belajar mengaji secara online khusus anak muda yang diberi nama ‘Abata Club’. Klub ini digawangi bidang Kepemudaan DPW PKS Jawa Timur. “Para pengajarnya kita pilih yang juga pemuda, dengan bacaan Aquran yang bagus. Ini juga dalam rangka mendekatkan generasi muda di kegiatan-kegiatan yang positif,” pungkasnya. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar