Politik Pemerintahan

Ketua PPP Jatim Berharap Wagub Emil Tak Berpartai, Ada Apa?

Ketua DPW PPP Jatim, Musyafa' Noer

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPW PPP Jatim, Musyafa’ Noer berharap kepada Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak agar tetap menjaga netralitasnya dan tidak bergabung dalam parpol manapun. PPP sendiri merupakan parpol koalisi pengusung pasangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018.

Selain itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa hingga saat ini juga tidak berbaju partai.
“Memang posisi gubernur dan wakil gubernur itu jabatan politis. Namun, idealnya tak berparpol. Ini untuk menunjukkan netralitas keduanya,” kata Ketua DPW PPP Jatim, Musyafa’ Noer kepada wartawan, Senin (1/2/2021).

Musyafa’ mengakui, siapapun berhak bergabung dengan partai politik dan hal itu adalah hak mendasar setiap Warga Negara Indonesia (WNI). Namun ketika jabatan untuk publik melekat, maka kepentingan publik diprioritaskan.

“Khawatirnya, kalau berbaju partai, aktivitas sebagai pasangan kepala daerah terganggu. Dan, khawatirnya urusan rakyat akan menjadi nomor kesekian, apalagi menjabat sebagai ketua partai,” ujarnya.

Sebagai partai politik yang juga pengusung pasangan Khofifah-Emil pada Pilgub Jatim 2018 lalu, PPP berharap kebersamaan dengan parpol pengusung lainnya tetap terjaga. “Jika calon kepala daerah yang diusung dan didukung menang, maka secara otomatis kepala daerah milik semua golongan. Tak hanya milik parpol pengusung atau pendukung saja. Otomatis milik semuanya,” jelasnya.

Jika kepala daerah atau wakil kepala daerah berbaju ketua partai, kata Musyafa’, dikhawatirkan akan berat sebelah dan mengedepankan parpol yang diikutinya. “Pasangan kepala daerah harus netral dan tak sarat kepentingan parpol tertentu. Pasangan kepala daerah jika sudah terpilih otomatis milik publik,” tukasnya.

Dia mengimbau agar Wagub Emil tak berpartai, mengingat jabatan wagub masih melekat pada dirinya. Sekedar diketahui, jelang Musda Demokrat Jatim yang rencananya akan digelar di bulan Februari 2021 ini, muncul sejumlah nama untuk memperebutkan posisi ketua yang baru.

Nama-nama yang mencuat dalam bursa calon ketua Demokrat Jatim itu antara lain Emil Elestianto Dardak (Plt Ketua DPD PD Jatim), Akhmad Iskandar (Wakil Ketua DPRD Jatim), Agus Dono Wibawanto (Anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim), Sri Subiati (Ketua F-PD DPRD Jatim) dan Bayu Airlangga (Sekretaris DPD PD Jatim). [tok/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar