Politik Pemerintahan

Ketua PGRI Jember Siap Melawan Jika Dijatuhi Sanksi

Supriyono, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Jember

Jember (beritajatim.com) – Supriyono, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Kabupaten Jember, Jawa Timur, berharap tak ada sanksi yang dijatuhkan terhadapnya oleh Inspektorat. Dia dipanggil Inspektorat, Selasa (11/8/2020), setelah mengunggah kritik di media sosial terhadap pernyataan Bupati Faida soal pengangkatan seribu orang pegawai negeri sipil.

Supriyono yakin Inspektorat paham hukum. “Kalau itu yang terjadi (adanya sanksi, red), kita bisa ada upaya hukum. Kalau kita merasa dirugikan kebijakan. Sebagai warga negara, sebagai Ketua PGRI, kalau toh terjadi seperti itu apapun kami ada upaya hukum,” kata Supriyono, menjawan pertanyaan wartawan, di kantor Pemkab Jember.

Supriyono menegaskan, tidak ada persoalan terkait posisinya sebagai ASN. “Wong saya di kedinasan meski (ditempatkan) jauh (dari rumah), saya tetap (bekerja) normal,” katanya.

Inspektorat melakukan klarifikasi kepada Supriyono sebagai Ketua PGRI Jember. “Karena saya sebagai Ketua PGRI, Inspektorat hanya klarifikasi apakah (pernyataan di Facebook) benar atau tidak,” katanya. Supriyono segera melengkapi bukti-bukti terkait pernyataannya di Facebook kepada penyidik di Inspektorat.

Supriyono tidak tahu apakah pemanggilannya dikarenakan ada laporan. “Facebook ini siapa saja bisa baca, karena ini media sosial. Kalau itu dijadikan soal, saya pikir tidak bisa. Kalau ambil data di Facebook, itu kan wilayah Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) kalau memang ada penyalahgunaan. Tidak bisa menggunakan undang-undang lain,” katanya.

Namun Supriyono tidak mengingkari tangkapan gambar pernyataannya di Facebook yang ditunjukkan penyidik Inspektorat. “Saya hanya memberi stimulus supaya persoalan yang tidak selesai, bisa diselesaikan bupati,” katanya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Jember Djoko Santoso tidak memberikan keterangan panjang lebar saat dimintai konfirmasi wartawan. Dia hanya membenarkan bahwa Supriyono dipanggil ke Inspektorat. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar