Politik Pemerintahan

Ketua PCNU Kabupaten Malang Daftar Calon Bupati Lewat NasDem

Malang (beritajatim.com) – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang, dr.Umar Usman, kembali mendaftarkan diri sebagai bakal Calon Bupati Malang.

Setelah mendaftar di PDI Perjuangan beberapa waktu lalu, dokter Umar sapaan akrabnya, juga melirik peluang Calon Bupati dari DPD Partai NasDem Kabupaten Malang, Rabu (23/10/2019) petang.

Tiba di Kantor NasDem Jalan Sukoraharjo, Kepanjen, Kabupaten Malang, dokter Umar diterima langsung Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Malang, Choirul Anam.

Usai salat Maghrib berjamaah, Anam pun membuka obrolan terkait pendaftaran Ketua PCNU itu. “Ini berkah bagi kami di Partai NasDem. Karena dokter Umar ini, selain beliau tokoh masyarakat sekaligus Ketua PCNU Kabupaten Malang,” tegas Anam mengawali pembicaraan.

“Mudah-mudahan dokter Umar bisa memperoleh rekom dari Partai NasDem untuk maju dalam Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020 mendatang,” tambah Anam.

Anam menjelaskan, saat ini NasDem memang hanya mendapatkan 7 kursi di DPRD Kabupaten Malang. Untuk bisa mengusung sendiri calon Bupati dan Wakil Bupati Malang 2020 nanti, NasDem harus mempunyai koalisi partai.

“Kami perlu sampaikan pak dokter, untuk bisa mengusung sendiri calon Bupati dan Wakil Bupati, kita harus berkoalisi. Namun, kami sudah punya rekan koalisi di DPRD Kabupaten Malang. Yakni dari PPP dan Partai Demokrat. Hanya saja, peluang koalisi ini masih sangat dinamis. Semua kemungkinan masih bisa terjadi, bisa saja kita koalisi juga dengan Gerindra bahkan PKB sekalipun,” terang Anam.

Masih kata Anam, seluruh proses penjaringan dan pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya. “Yang perlu kami sampaikan sesuai instruksi Ketua Umum NasDem bapak Surya Paloh, semua proses pendaftaran hingga turunnya rekom nanti free. Tidak dipungut biaya, siapa pun calon yang mendaftar gratis. Bahkan materai pun kita yang beli, kita sediakan. NasDem ingin mencari kader-kader terbaik untuk memimpin negeri ini,” papar Anam.

Sementara itu, dokter Umar mengaku keikut sertaanya mendaftar Calon Bupati Malang lewat Partai NasDem, karena partai politik ini tidak meminta mahar apapun. “Menarik bagi kami ketika NasDem tidak meminta mahar apapun. Dan ini sangat kami apresiasi,” ujarnya.

Ditanya usai ikut penjaringan di DPC PDI Perjuangan kini beralih ke NasDem Kabupaten Malang? “Pada prinsipnya kita coba merajut komunikasi dengan semua partai politik. Kedua slogan tanpa mahar ini, free. Bahkan materai pun kita diberi. Luar biasa itu,” ujarnya.

Dokter Umar menambahkan, menyikapi politik di Kabupaten Malang saat ini, kalau memang ada partai lain yang membuka pendaftaran, dirinya mungkin akan tertarik juga.

“Kalau memang partai lain juga membuka pendaftaran, mungkin saya akan daftar juga. Semua demi merajut koalisi yang baik. Kita butuh komunikasi yang baik dengan semua partai politik,” pungkasnya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar