Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Ketua KPU Malang: Parpol Lolos Parliamentary Treshold Tak Jamin Jadi Peserta Pemilu 2024

Malang (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang, mulai melakukan sosialisasi Tahapan Pemilu sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022, Jumat (29/7/2022). Sosialisasi digelar dengan mengundang perwakilan partai politik calon peserta Pemilihan Umum 2024.

Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini mengatakan, sosialisasi tersebut wajib dilakukan di daerah. Sesuai PKPU, materi sosialiasi terkait pendaftaran, verifikasi hingga penetapan peserta Pemilu 2024.

“Sosialisasi ini wajib disampaikan kepada parpol calon peserta Pemilu 2024,” terang Anis Suhartini.


Anis menerangkan, tahapan setelah pendaftaran peserta Pemilu 2024 dibuka pada 1 Agustus 2022 yaitu verifikasi. Tahapan ini berlaku baik administrasi yang dilanjutkan dengan faktual.

Setelah dinyatakan lolos, terdapat empat kriteria bagi parpol untuk bisa menjadi peserta Pemilu 2024. Pertama, parpol telah dinyatakan lolos parliamentary treshold (PT) sebesar 4 persen dan memiliki keterwakilan kursi di DPRD baik tingkat kabupaten kota maupun provinsi.

Kedua, parpol yang tidak lolos PT 4 persen tapi punya keterwakilan kursi. Ketiga, parpol yang tidak lolos PT dan tidak punya keterwakilan kursi tapi menjadi peserta pada gelaran pemilu sebelumnya. Keempat parpol yang tidak menjadi peserta pemilu sebelumnya atau sebagai parpol baru.

“Berdasarkan kriteria itu, serta atas Putusan MK Nomor 55 Tahun 2020, parpol yang lolos PT dan punya keterwakilan maka hanya dilakukan verifikasi administrasi. Parpol yang tidak lolos PT, maka dilakukan verifikasi faktual dan verifikasi administrasi,” tegasnya.

Baca Juga:

    Anis melanjutkan, tidak ada jaminan bahwa parpol yang dinyatakan lolos PT bisa menjadi peserta pemilu. Sebab, nantinya masih akan dilakukan verifikasi meskipun sebatas administrasi.

    “Barangkali nanti saat pendaftaran bisa saja ada sesuatu yang tidak memenuhi syarat. Artinya partai baru yang sudah berbadan hukum di Kemenkum HAM boleh mendaftar, tapi tidak jadi jaminan bahwa parpol yang sudah lolos PT akan aman. Karena masih dilakukan verifikasi,” jelasnya.

    Anis memprediksi Pemilu 2024 berlangsung lebih ramai. Berdasarkan informasi dari Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), tercatat sebanyak 38 parpol nasional dan delapan parpol lokal di wilayah Aceh. [yog/beq]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar