Politik Pemerintahan

Ketua DPRD Surabaya: Peran Pers di Surabaya Sangat Penting

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono menilai peran pers di Kota Pahlawan sangat penting. Pers memainkan kontrol sosial kepada masyarakat dan pemerintah.

“Pers mewartakan gagasan-gagasan optimistis dan kreatif, terutama ketika di masa pandemi Covid-19 yang diwarnai perbagai perubahan pola hidup dan interaksi antar manusia. Masyarakat berutang budi kepada insan pers,” ujar Adi Sutarwijono kepada media, Senin (8/2/2021).

Adi menyampaikan hal tersebut untuk menyambut Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari.

Adi menambahkan, pers berperan penting mewartakan informasi yang benar, yang baik, yang bermanfaat, kepada masyarakat tentang pandemi Covid-19 dan dampak ikutannya.

“Informasi yang benar sangat dibutuhkan publik, apalagi saat ini begitu banyak hoaks berkaitan dengan pandemi Covid-19,” papar Adi.

Adi berharap, pers terus berperan aktif, dengan kekuatan yang dimiliki, dengan etika profesi, untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Politisi berkacamata itu menjelaskan, pemerintah telah memberi sinyal jelas, bahwa penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi harus berjalan seiring. Keduanya harus sejalan. Tidak bisa salah satu meniadakan yang lain.

“Produktivitas masyarakat harus digenjot tumbuh di masa pandemi. Maka, pers bisa memicu gagasan kreatif, inovatif, mendorong karsa kuat, tentang berbagai upaya pemulihan ekonomi,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Adi, pers akan menerbitkan semangat dan optimisme kepada pemerintah dan masyarakat tentang berbagai gagasan dan tindakan kreatif dan inovatif di masa pandemi Covid-19. “Optimisme, api harapan terus dinyalakan, melalui karya-karya jurnalistik pers,” ujar Adi yang juga mantan jurnalis.(ifw/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar