Politik Pemerintahan

Ketua DPD RI Berharap Wartawan Tingkatkan Kompetensi dan Terdepan Lawan Hoax

Ketua DPD RI bersama Senator asal Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menggelar jumpa pers di Kampus Citra Bangsa Kupang, Nusa Tenggara Timur belum lama ini.

Bengkulu (beritajatim.com) – Salah satu tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah maraknya peredaran hoax atau kabar bohong. Oleh karena itu, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, berharap wartawan bisa meningkatkan kompetensi dan tampil sebagai yang terdepan untuk melawan hoax.

Senator asal Jawa Timur itu menyampaikan hal tersebut menanggapi Pelatihan Jurnalistik yang digelar PWI Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini diikuti 50 wartawan dari berbagai media.

“Tantangan untuk wartawan tentu tidak mudah. Derasnya pemberitaan di media sosial di satu sisi merugikan wartawan. Apalagi tidak semua informasi di media sosial tersaring dengan baik dan akhirnya memunculkan hoax,” katanya, Sabtu pagi (10/4/2021).

LaNyalla menambahkan, masyarakat berhak mendapatkan informasi yang benar, mengedukasi dan bebas dari hoax, agar informasi memberikan berita yang konstruktif dan membangun

Menurutnya, pencerahan bagi masyarakat ada di tangan para jurnalis melalui goresan pena.

“Kita mengharapkan berita-berita yang disuguhkan merupakan berita yang mampu membuat masyarakat berfikir maju dan menginspirasi,” pintanya.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu menilai peran jurnalis dalam membangun paradigma masyarakat sangat besar. Mengingat media memiliki kemampuan melakukan agenda setting.

“Tulisan jurnalis bisa menumbuhkan imajinasi pembaca dan menjadi kepanjangan dari pemerintah atau setiap pihak yang menyampaikan informasi yang baik dan berguna,” kata anggota Dewan Kehormatan PWI Jawa Timur itu.(*)



Apa Reaksi Anda?

Komentar