Politik Pemerintahan

Lantik 304 Panwaslu Kelurahan/ Desa

Ketua Bawaslu Kab Mojokerto: Integritas, Independen, dan Netralitas Jadi Poin Penting

Pengambilan sumpah jabatan Panwaslu Kelurahan/Desa di salah satu hotel. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebanyak 304 Panwaslu Kelurahan/Desa pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto Tahun 2020 dilantik di sebuah hotel di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Integritas, independen, dan netralitas menjadi poin yang ditekankan kepada Panwaslu Kelurahan/Desa.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Aris Fahrudin Asy’at mengatakan, Kabupaten Mojokerto memiliki tensi yang luar biasa. “Kita ingat betul tahun 2010 Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu kabupaten yang proses pilkadanya ada pesta kembang api, pesta api unggul (rusuh, red),” ungkapnya, Sabtu (14/3/2020).

Masih kata Aris, artinya hal tersebut tidak bisa menanggap sepeleh meski di tahun 2015 aman, namun merupakan peringatan bahwa Kabupaten Mojokerto tidak boleh dianggap sebelah mata. Kultur masyarakat Kabupaten Mojokerto juga sangat berpengaruh bagi penyelenggaraan pemilu.

“Pada tahun 2010 lalu, salah satu faktor kenapa masyarakat memiliki kekecewaan terhadap proses pemilihan itu salah satunya faktor penyelenggaraan. Masyarakat saat itu menganggap penyelenggaraan pemilu tidak bersungguh-sungguh. Ini menjadi titik tekan Bawaslu Kabupaten Mojokerto untuk menghadapi tahun 2020,” katanya.

Bahwa integritas, independen dan netralitas sangat ditekankan dan menjadi pintu utama. Bagi Panwas Kelurahan/Desa yang dilantik, lanjut Aris, pihaknya meminta agar segera upgrade pengetahuan berkaitan dengan aturan pemilu dan berkoordinasi dengan Panwas Kecamatan.

“Hari ini, kita menggelar pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa secara serentak se-Kabupaten Mojokerto total ada 304 Panwaslu Kelurahan/Desa. Untuk jumlah Panwaslu Kelurahan/Desa sebanyak 304 orang, setiap desa 1 orang. Untuk Panwascam masing-masing kecamatan 3 orang dan sudah digantikan sekitar 2 bulan lalu,” tegasnya.

Dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji serta Bimbingan Teknis Panwaslu Kelurahan/Desa pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto Tahun 2020 tersebut juga hadir Koordinator Divisi Organisasi, Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Eka Rahmawati dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mojokerto, Zainul Arifin. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar