Politik Pemerintahan

Ketua Bappilu Jatim: Nasdem Menang Besar di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Selain untuk memilih presiden dan wakilnya, Pemilu 17 April 2019 juga untuk menentukan partai mana yang diberi amanah oleh di parlemen. Di Ponorogo, kursi ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ponorogo sepertinya bakal bergeser. Bila sebelumnya dipegang oleh Partai Golkar, periode ini akan diduduki Partai Nasdem.

Berdasarkan data sementara dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemkab Ponorogo, untuk penghitungan suara Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten, Nasdem mendapat 121.916 suara, sedangkan PKB mendapat 92.392 suara.

Kemudian Partai Gerindra mendapat 59.982 suara, diikuti Golkar dengan 54.084 suara, dan PDI-P dengan 52.235 suara. Selanjutnya Partai Demokrat dengan 52.159 suara, PKS dengan 38.881 suara, PAN dengan 24.638, dan PPP dengan 12.039 suara. “Suara masuk sudah 100 persen dari DPT yang menggunakan hak pilihnya dalam Pileg tahun ini. Suara terbanyak Nasdem,” kata Kabid Sospol Bakesbangpol Ponorogo Karji, Kamis (25/4/2019).

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Jatim, Ipong Muchlissoni membenarkan kemenangan Partai Nasdem di Ponorogo dalam pileg 2019. Dia mengeklaim partainya meraup 121.916 suara. Dengan jumlah suara segitu, partainya bakal mendapat 12 jatah kursi dewan. “Tentu dengan suara ini, Nasdem akan mendapat jatah kursi ketua dewan,” katanya.

Ipong mengungkapkan strategi yang digunakan, sehingga Partai Nasdem yang pemilu sebelumnya hanya mengoleksi satu kursi, sekarang bisa mendapatkan 12 kursi. Bahkan sebagai pemenang dalam pemilu di Ponorogo.

“Kita menerapkan model strategi khusus. Yakni, melakukan sosialisasi dan konsolidasi tiada henti kepada calon pemilih. Berkeliling terus ke desa-desa untuk merebut hati rakyat,” katanya.

Saat ditanya untuk pilkada mendatang tidak perlu koalisi dalam mengusung pasangan calon, Ipong menjawab dengan diplomatis. Dia menyebut secara teori memang tidak perlu koalisi lagi. Namun pihaknya masih butuh dukungan semua pihak. “Jadi saya masih membutuhkan dukungan semua partai,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar