Politik Pemerintahan

Kesigapan Warga dan Ketua RT di Perumahan Wilis Kota Kediri Saat Isolasi Mandiri

Kediri (beritajatim.com) — Ketua RT, jabatan paling bawah dalam struktur tata pemerintahan ternyata menjadi sangat penting perannya untuk mencegah penyebaran virus ini. Salah satu contoh Sofiq, Ketua RT 05/RW 07, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto di Perumahan Wilis II.

Tanggal 8 April 2020, salah satu warganya dinyatakan positif Covid-19. Sesuai dengan SOP, Sofiq langsung mengoordinir 15 KK dalam satu gang untuk mengisolasi diri. Rupanya, warga tidak berpangku tangan menunggu sumbangan dari Pemkot saja, namun mereka aktif berinisiatif.

“Ada satu warga yang janda dengan 3 orang anak yang biasa kerja bantu-bantu di rumah orang. Kalau isolasi mandiri, dia tidak punya penghasilan. Maka warga membantu,” kata Sofiq. Inisiatif warga menggunakan iuran khas RT untuk membantu kebutuhan warga yang tidak mampu.

Hari itu juga, Sofiq mendata kebutuhan warga mulai dari gas, alat-alat mandi, hingga beras lalu berinisiatif untuk membelikan. Ada yang uangnya langsung dibayar setelah barang diantar, ada yang bayarannya menunggu hingga masa isolasi lewat. Warga yang punya keuangan berlebih membantu warga yang tak ada penghasilan melalui khas RT.

“Saya dan pengurus RT lain mengantar barang-barang ini ke rumah supaya warga tidak perlu keluar dan betul-betul mengisolasi diri di rumah,” kata Sofiq jadi “kurir” dadakan.

Tak hanya kebutuhan rumah tangga, “kurir” dadakan ini juga mengatarkan aneka kebutuhan lain termasuk buku pelajaran untuk anak sekolah yang dipinjam oleh anak lain.

Pun ketika bantuan sembako dari Pemkot datang, sehari kemudian (9/4/2020), warga tetap taat tinggal di rumah dan ketua RT beserta jajarannya yang menyebarkan. Barang-barang diletakkan di pintu pagar, setelah pengantar pergi baru diambil agar tidak ada kontak. Warga betul-betul patuh menjalaninya.

Hari ini, hari ke-10 warga mengisolasi diri dan masih ada 4 hari lagi. Selama isolasi, taat untuk menjalani. Ketaatan dan kesadaran dari tingkat terkecil yaitu lingkungan RT sangat penting untuk mencegah penyebaran virus. [nm/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar