Politik Pemerintahan

Keren, Wushhh.. Demo ke Jakarta, Para Kades Sidoarjo Naik Pesawat

Sidoarjo (beritajatim.com) – Kepala desa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kabupaten Sidoarjo ikut berjuang bersama kades se-Indonesia, berangkat ke Jakarta.

Dalam tiga hari ke depan, mereka meninggalkan kantor desanya, Senin (16/1/2023) sampai Rabu (18/1/2023) untuk mengikuti kegiatan audiensi oleh kepala desa se-Indonesia di Gedung MPR/DPR RI di Jakarta.

Dalam perjalanan para anggota FKKD Kab. Sidoarjo, ada yang melalui jalur darat, rombongan nyarter bus dan Isuzu Elf.

Dan yang menakjubkan lagi, para kades yang tergabung dalam FKKD se-Kecamatan Sedati, memilih lawatan ke Jakarta, dengan naik pesawat dari Bandara Internasional Juanda yang masuk wilayah Kec. Sedati.

FKKD di Kec. Sedati satu tekad dan tujuan ikut mengambil bagian dalam aksi menuntut Revisi Undang Undang Desa nomor 6 Tahun 2014 pasal 39 ayat 1 terkait masa jabatan kepala desa dan juga akan menyuarakan tentang aturan dana desa.

“Betul, ini baru saja landing dan kini sedang perjalanan menuju tempat inap,” ucap salah satu kades, Senin (16/1/2023).

Sebelumnya, Ketua FKKD Kab. Sidoarjo H. Budiono, mengatakan seluruh anggota FKKD se-Sidoarjo akan ikut berangkat ke Jakarta menyuarakan aspirasi yang ada.

“Insya Allah, sebanyak 280 Kades di 18 kecamatan di Sidoarjo akan berangkat ke Jakarta menggunakan 9 bus dan 6 Elf Isuzu. Sedangkan untuk dua kecamatan berangkat dengan naik pesawat,” ucapnya tak menjelaskan kedua kecamatan yang dimaksud.

Seperti diketahui masa jabatan kades 6 tahun untuk setiap periode. Para kades akan menuntut bisa dimaksimalkan menjadi selama 9 tahun dalam satu periode, dengan batasan menjabat maksimal berturut-turut dua periode.

Masa jabatan 6 tahun di setiap periode tersebut dinilai sangat pendek dan rentan adanya konflik pasca pemilihan kepala desa. Sehingga dengan masa perpanjangan 9 tahun dianggap lebih efektif dan lebih optimal dalam membangun desa. [isa/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar