Politik Pemerintahan

Keren, Ada Bus Antar Jemput untuk Vaksinasi Lansia

Surabaya (beritajatim.com) – Berbagai cara dilakukan pemerintah menggandeng berbagai pihak agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam vaksinasi, khususnya untuk para lansia. Di Surabaya misalnya, vaksinasi yang digelar BUMN juga terdapat layanan antar jemput dengan menggunakan bus bagi para lansia.

Bahkan, vaksinasi untuk lansia ini, tidak dikhususkan untuk lansia Surabaya saja. Tetapi, untuk seluruh lansia di Jawa Timur. “Agar para lansia ini ikut berpatisipasi vaksinasi dengan gembira, khususnya Jawa Timur,” kata Ketua Umum Yayasan Bersama Indonesia Sehat, Teguh Prihandoko, Selasa (6/4/2021).

Dikatakan Teguh, pihaknya berkerja sama dengan PT SIER serta komunitas-komunitas seperti Gusdurian untuk mengajak para lansia di daerah masing-masing turut hadir di Sentra Vaksinasi Bersama di Grand City Surabaya.

“Kalau lansia di Surabaya, partisipasinya cukup bagus. Tapi lansia di luar Surabaya itu yang partisipasinya begitu rendah. Makanya kita gandeng komunitas. Mereka bisa mengajak orang tuanya, atau lansia tetangganya. Caranya gampang, daftarkan saja pada kami, nanti kami yang akan melakukan pendampingan,” lanjut Teguh.

Dia mengakui, vakisnai di Sentra Vaksinasi Bersama ini, memang dirasa masih kurang ramah bagi lansia. Selain tidak ada jalur untuk lansia menuju lokasi vaksin, juga tidak ada pendamping sebagai penunjuk jalan. “Ini mall, satpamnya belum tentu mau mengantarkan lansia. Belum lagi lokasinya di parkiran yang cukup jauh. Makanya, kami siapkan pendampingan,” kata Teguh.

Pendampingan itu, lanjut Teguh, mulai dari penjemputan bus yang mengunakan Bus milik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya secara gratis, termasuk pendamping. Tugas pendamping, selain ikut menjemput, juga ikut mengantarkan proses vaksin, dan turut kembali mengantarkan sampai ke rumah. “Jadi, di sini kita bekerja sama dengan PT SIER. Hari ini kita sudah menggalang 700 lansia. Harapan kita, vaksinasi rampung, ekonomi melambung,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Klinik PT SIER, dr Venda Ratih Sagita menjelaskan, mengatakan hari ini sudah ada 15 lansia yang dilakukan penjemputan di kloter pertama. “Besok ada 30 lansia, lusa ada 30 lansia lagi. Mudah-mudahan bisa bertambah terus agar semua lansia bisa tervaksinasi,” pungkasnya. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar