Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Keppres Sudah Diteken Jokowi, Siapa Sekdaprov Jatim Definitif yang Bakal Dilantik?

Surabaya (beritajatim.com) – Teka teki soal Sekdaprov Jatim definitif mulai mendapatkan titik terang. Pasalnya, sempat tersiar kabar simpang siur bahwa pelantikan sekdaprov definitif tidak akan berlangsung dalam waktu dekat, karena justru Pj Sekdaprov Jatim baru akan turun rekomnya dari Kemendagri untuk menggantikan Wahid Wahyudi.

Informasi yang diperoleh beritajatim.com, nama Kepala BPKAD Provinsi Jatim, Bobby Soemiarsono santer disebut bakal menggantikan Wahid Wahyudi sebagai Pj Sekdaprov Jatim yang baru. Bobby akan menjabat hingga pelantikan Sekdaprov Jatim definitif itu dilakukan.

Ketika hal itu ditanyakan kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim, Indah Wahyuni (Yuyun), pejabat perempuan senior ini membantah rekom Pj Sekdaprov Jatim baru telah turun atau sudah diambil di Jakarta.

Pasalnya, Yuyun pernah menyampaikan kepada beritajatim.com dalam wawancara sebelumnya, bahwa pemprov memang telah mengusulkan Pj Sekdaprov Jatim yang baru.

Saat itu, Yuyun mengaku pemprov hingga saat ini masih menunggu turunnya Sekdaprov Jatim definitif yang masih diproses di tim penilai akhir (TPA). “Mudah-mudahan sekda definitif segera turun,” ujarnya saat itu.

Apa langkah yang diambil jika sekdaprov definitif belum juga turun, dan Pj Sekdaprov Wahid ditolak usulan perpanjangannya? “Ibu Gubernur sudah mengajukan usulan satu nama Pj Sekdaprov Jatim yang baru ke Kemendagri pada 15 Juni 2022. Sebelum rekom Pj Sekdaprov baru dari pusat itu turun, Pak Pj Sekdaprov Wahid Wahyudi tetap bertugas seperti biasa,” imbuhnya.

Tapi, pada Jumat (1/7/2022) malam ini, Yuyun menjelaskan bahwa wacana Pj Sekdaprov baru tidak akan dilanjutkan. “Langsung pelantikan sekda definitif, karena Keppres sudah ditandatangani Pak Presiden Jokowi, tinggal nunggu pengantar dari Pak Menseskab,” tegas Yuyun memberikan progress terbaru informasi soal Sekdaprov Jatim.

Kapan pelantikan Sekdaprov Jatim definitif? “Pelantikan dilakukan setelah Ibu Gubernur pulang menunaikan ibadah haji di tanah suci. Ibu Gubernur Insya Allah pulang pada 23 Juli 2022,” tuturnya.

Dalam sebuah kesempatan bertemu dengan media di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis (30/6/2022) malam usai pelantikan pengurus Komite Komunikasi Digital (KKD) Jatim, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa membenarkan akan berangkat menunaikan ibadah haji pada 3 Juli 2022. “Mohon doanya teman-teman media, saya Insya Allah 3 Juli akan berangkat ibadah haji,” katanya.

Teman-teman media pun mendoakan agar ibadah haji gubernur lancar dan menjadi haji yang mabrur. “Aamiin, Aamiin,” jawab Khofifah.

Diberitakan sebelumnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim telah mengirimkan surat permohonan usulan perpanjangan Wahid Wahyudi (Kepala Dinas Pendidikan Jatim) sebagai Penjabat Sekdaprov Jatim kepada Kemendagri pada 13 April 2022.

Surat balasan dari Kemendagri yang diteken oleh Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik pada 13 Mei 2022 berisi tanggapan perpanjangan Pj Sekdaprov dan dinyatakan tidak disetujui, baru diterima BKD Jatim pada 8 Juni 2022.

Dalam surat Kemendagri yang diperoleh beritajatim.com itu, penolakan perpanjangan Wahid Wahyudi sebagai Pj Sekdaprov dikarenakan usia Wahid yang tidak memenuhi syarat ketentuan berusia paling tinggi 1 tahun sebelum mencapai batas usia pensiun. Saat ini yang bersangkutan sudah berusia 59 tahun 3 bulan. Wahid akan pensiun tahun depan pada 27 Januari 2022.

Kepala BKD Jatim, Indah Wahyuni ketika dikonfirmasi beritajatim.com, Jumat (17/6/2022) mengatakan, bahwa surat balasan Kemendagri perihal tanggapan perpanjangan Pj Sekdaprov Jatim itu benar adanya. “Memang harus diperpanjang 3 bulan sekali dengan izin Kemendagri. Dan, perpanjangan tidak diperkenankan karena persyaratan usia. Saya mengajukan izin perpanjangan tanggal 13 April, baru dapat jawaban surat tanggal 13 Mei yang diterima 8 Juni 2022. Ini cukup lama jawabannya,” jelasnya.

Berdasarkan hasil seluruh tahapan seleksi mulai dari Seleksi Administrasi, Assessment, Penulisan Makalah (Policy Brief), Wawancara dan Rekam Jejak, Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur menetapkan tiga nama yang dinyatakan lulus sebagai calon Sekdaprov Jatim. Surat pengumuman ini bernomor: 800/2312/Pansel-JPTM/2022.

Mereka adalah Adhy Karyono, A.KS., M.AP, Dr Ir Jumadi, M.MT dan Dr Nurkholis, S.Sos., M.Si. Siapa diantara mereka bertiga yang telah disetujui Presiden Jokowi dan bakal dilantik nantinya? (tok/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar