Politik Pemerintahan

Kepala Dinas Tanaman Pangan Jember Pimpin Perang Lawan Covid-19

Jember (beritajatim.com) – Ibarat dalam sebuah perang, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jember Satuki mendapat tugas berat menjadi komandan satuan tugas penanganan Covid-19. Kesibukannya meningkat drastis dari hari-hari biasanya.

“Namanya amanah. Amanah ya begini ini. Saya minta tolong bantuan semua lini, bantu bareng-bareng,” kata Satuki kepada beritajatim.com, Selasa (31/3/2020).

Selain menjabat Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Satuki juga menjabat Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jember. Sebelumnya dia juga sempat menjabat Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Ini tugas pertamanya berhadapan dengan wabah virus.

“Kami selalu cari tahu, cari info, dan aktif dalam segala hal. Apalagi saya sendiri senang (menggeluti aktivitas) relawan, sejak SMA. Ya wis, senang saja. Walau pun apa saja, anak, istri, keluarga kita tinggal demi kemanusiaan, ya saya senang. Namun kami belajar dengan dukungan semua pihak,” kata Satuki.

Niat menjadi kunci utama Satuki untuk mengatasi rasa lelah. “Niat beribadah. Capeknya sih nggak, (karena) tanggung jawab itu. Saya memang Kepala Dinas Tanaman Pangan, tapi juga Plt Kepala BPBD. Dalam struktur organisasi nasional kan ketua gugus tugas. Kemarin Plt Kepala BPBD Pak Rofiq. Tapi karena kesehatannya kurang memungkinkan, sehingga saya ditugaskan mengganti,” kata Satuki.

Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Jember Ayub Junaidi mengapresiasi kerja keras Satuki dan satuan tugas penanganganan Covid-19 di Jember. Namun dia menilai, satuan tugas penanganan Covid-19 ini seharusnya dipimpin langsung Bupati Faida. “Kami menyayangkan, karena sesuai arahan Kementerian Dalam Negeri, untuk satgas dipimpin langsung kepala daerah,” katanya.

“Kalau yang memimpin di bawah level kepala daerah, kewenangan-kewenangannya tidak seperti kepala daerah yang sangat besar untuk menangani masalah ini. Kami meminta agar untuk penanganan masalah Covid-19 ini, bupati ada di garda terdepan, memimpin seluruh masyarakat Jember melawan ini. Pasti semua akan mendukung kalau pemimpinnya ada di depan,” kata Ayub. [wir/ted]          





Apa Reaksi Anda?

Komentar