Politik Pemerintahan

Keniten Jadi Proyek Percontohan Desa Terang Kabupaten Kediri

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno menandatangani prasasti Program Desa Terang

Kediri (beritajatim.com) – Desa Keniten di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri menjadi pilot project atau proyek pencontohan program ‘Desa Terang’. Peresmian proyek tersebut dilakukan langsung Bupati Kediri dr. H. Haryanti Sutrisno, Sabtu (13/2/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Haryanti mengaku, Desa Keniten menjadi pencanangan Desa Terang. Selanjutnya, desa lain dapat mengajukan hal serupa melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim).

“Pada Program Desa Terang ini untuk beban listrik ditanggung oleh Pemkab Kediri. Bila ada kerusakan PJU berupa lampu, kabel dan lain-lain, biaya perawatan akan ditanggung oleh pemerintah desa setempat,” kata Haryanti.

Dalam program ini, Pemkab Kediri melalui Dinas Perkim membangun PJU yang dipusatkan di Desa Keniten, Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Mojo Sukemi, S.Sos, Kepala Perkim Kabupaten Kediri Arif Buana, Kepala Bapenda Kabupaten Kediri, Zainudin Zuhri.

Kemudian, Wakapolsek Mojo, Iptu Sigit R., SH, Kades Keniten Ari S. Perwakilan peserta Kades Surat, Kades Blimbing, Kades Petungroto dan Kades Ngetrep. Toga dan Tomas Desa Keniten dan Perwakilan UMKM Desa Keniten.

Bupati Kediri juga melakukan tanya jawab dengan pengusaha tahu atas nama Siswandi warga Dusun Keniten. Bupati Kediri kemudian mengunjungi acara inti di Dusun Besuk Desa Keniten untuk melaksanakan peresmian pencanangan Desa Terang.

Prosesi peresmian diawali dengan kegiatan doa bersama, tanya jawab dan penandatanganan prasasti didampingi para pejabat Kabupaten Kediri. Dilanjutkan sesi foto bersama di samping tiang listrik prasasti awal Desa Terang

Peresmian Desa Terang Keniten ini memperhatikan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Antara lain, para tamu undangan semuanya dilaksanakan Swab Antigen, sebelum acara dimulai, sekaligus pada pelaksanaan acara telah disiapkan sarana cuci tangan, masker dan handsanitizer. [nm/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar