Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Kendati Telat, Serapan APBD Jember 2021 Peringkat 11 Terbaik di Jatim

Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi

Jember (beritajatim.com) – Baru disetujui bersama medio April 2021 oleh eksekutif dan legislatif, serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jember 2021 membuat kaget Ketua DPRD Itqon Syauqi.

“Ini di luar prediksi saya. Informasi yang saya terima rata-rata kisaran serapan anggaran kabupaten dan kota di Jawa Timur sekitar 40 persen. Kabar baiknya Jember serapannya sudah 60 persen. APBD kita praktis baru running pada Mei 2021, tapi serapan kita nomor 11 di Jawa Timur,” kata Itqon.

Kabar serapan sekitar 60 persen ini diterima Itqon pekan lalu. Pekan ini serapan tersebut bisa lebih besar lagi. “Luar biasa. Jawa Timur untuk serapan anggaran provinsinya peringkat satu, sekitar 70 persen,” kata Itqon.

Itqon sudah menghubungi Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Jember pekan lalu dan berharap serapan ini digenjot terus. “Ini jadi atensi presiden, karena begitu besar uang pemerintah daerah di bank. Perintah presiden agar segera diserap,” katanya.

Informasi yang diterima Itqon, BPKAD Jember mengawal lima organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki anggaran terbesar, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Dinas Kesehatan, Dinas Cipta Karya, dan Dinas Pertanian. “Sepuluh OPD dengan serapan terendah juga dikawal terus,” kata Itqon.

Bagian Ekonomi, berdasarkan informasi yang diterima Itqon, berada di peringkat terbawah untuk serapan APBD Jember 2021. DBHCT (Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau) masih belum terserap maksimal. Kabar terakhir, sudah ada verifikasi dan validasi untuk pemberian bantuan langsung tunai dan perjanjian kerja sama dengan bank. Itqon menginginkan agar empat komisi DPRD Jember proaktif memantau dan mengawal serapan anggaran sebagaimana diinginkan presiden. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan