Politik Pemerintahan

Kemenang Percepat Paspor Haji asal Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik, mempercepat proses pelayanan paspor calon jemaah haji. Targetnya, pada 28 Februari 2019 penyetoran CJH asal Gresik segera disetorkan.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Gresik Hamdun mengatakan, saat ini sudah ada sebanyak 420 paspor yang sudah disetorkan oleh JCH. Berarti masih kurang 1.812 paspor yang belum disetorkan ke panitia penyelenggara haji. “Kami mohon waktu dua pekan lagi, untuk mengurus paspor di kantor imigrasi,” katanya Jumat (15/02/2019).

Menurut Hamdun , tujuan mengumpulkan paspor agar pembuatan visa juga lebih cepat. Termasuk jika ada permasalahan administrasi seperti nama berbeda bisa segera diurus di Pengadilan Agama (PA). Pasalnya, pihaknya tidak mau jika ada CJH yang mengumpulkan paspor terlalu mepet. “Kalau terlalu mepet akan mempersulit kinerja Kemenag Gresik,” paparnya.

Sementara itu, secara terpisah permohonan untuk pembuatan paspor Jemaah haji Kantor Unit Layanan Paspor (ULP) Imigrasi Gresik membludak. Dalam sehari pihak imigrasi bisa menyelesaikan perekaman paspor sebanyak 150 orang.

Kepala ULP Imigrasi Gresik Irmansyah Fatriadi menjelaskan, ada sebanyak 2000 pemohon berkas dari Kemenag Gresik. Proses penyelesaian dipastikan sebelum target penyetoran ke panitia penyelenggara haji. Pihaknya berharap selama proses pengurusan tidak mengalami kendala apapun. “Semoga lancar dalam proses penyelesaian paspor untuk calon Jemaah haji,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar