Politik Pemerintahan

Kemenag Kabupaten Mojokerto Selenggarakan Tahapan Ibadah Haji

Proses manasik haji di Lapangan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto. [Foto: dok]

Mojokerto (beritajatim.com) – Meski Kementerian Agama (Kemenag) Arab Saudi belum mengumumkan terkait kepastian keberangkatan haji musim 2021, namun Kemenag Kabupaten Mojokerto tetap melakukan tahapan penyelenggaran ibadah haji. Hal ini dilakukan jika sewaktu-waktu Kemenag Arab Saudi membuka penyelenggaraan ibadah haji musim ini.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Kasi PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto, Mukti Ali mengatakan, Calon Jamaah Haji (CJH) yang berangkat tahun ini merupakan CJH yang masuk kuota haji tahun 2020 lalu. “Dari 1.570 CJH kuota tahun lalu, yang melunasi sebanyak 1.261 CJH,” ungkapnya, Rabu (24/2/2021).

Lantaran musim haji tahun 2020 kemarin dibatalkan akibat pandemi Covid-19 sehingga CJH tersebut diprioritaskan berangkat musim haji tahun ini. Dengan catatan, Kemenag Saudi Arabia membuka musim haji tahun ini. Meski belum ada kepastian, pihaknya tetap melakukan tahapan penyelenggaraan ibadah haji terhadap para CJH.

“Tahapan tetap kita lakukan, seperti persiapan paspor dan lainnya. Sehingga jika nantinya ada pengumuman tahun ini bisa berangkat ke tanah suci maka tidak tergesa-gesa dalam persiapannya. Tentunya, jika memang ada pengumuman musim haji tahun ini dibuka ada waktu pelunasan tahap kedua,” katanya.

Namun begitu, pihaknya juga belum bisa memastikan jika memang Kemenag Arab Saudi kembali membuka penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021, apakah kuota tetap 100 persen. Sampai saat ini, Kemenag Kabupaten Mojokerto masih menunggu pengumuman resmi serta petunjuk teknis (juknis) terkait pelaksanaannya.

“Saat ini, kita kan seperti digantung belum ada kepastian. Namun kita tetap mempersiapkan jika sewaktu-waktu ada pengumuman keberangkatan ibadah haji tahun ini. Untuk biaya haji, tahun kemarin Rp37.555.000. Apakah tahun ini ada kenaikan, kita juga belum tahun. Dalam waktu dekat, ada kepastian terkait pelunasan,” jelasnya. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar