Politik Pemerintahan

Kemenag Gresik Teken Pakta Integritas Bebas Korupsi

Gresik (beritajatim.com) – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Gresik melakukan teken integritas bebas korupsi melalui pencanangan wilayah bersih bebas melayani (WBBM) dan wilayah bersih bebas korupsi (WBBK).

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Gresik Markus mengatakan, sesuai regulasi dari Kementrian Agama Pusat semua Kemenag di daerah wajib mencanangkan WBBM dan WBBK berdasarkan instruksi presiden.

“Pencanangan WBBM dan WBBK di Kemenag Gresik tujuannya agar semangat melayani masyarakat terus meningkat,” katanya usai Upacara Hari Amal Bhakti ke-74 Kemenag di halaman Pemkab Gresik, Jumat (3/1/2020).

Sebagai bentuk keseriusan dalam melaksanakan WBBM dan WBBK, Kemenag Gresik mengerahkan 15.325 seluruh jajarannya. Baik itu guru Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (Mts) maupun Madrasah Aliyah (MA).

Semua guru tersebut dan jajaran Kantor Kemenag Gresik secara simbolis melakukan penandatanganan integritas bebas korupsi dan kolusi. “Ini merupakan bukti bahwa Kemenag Gresik di 2020 memiliki semangat baru,” ujar Markus.

Ia menambahkan, selain melakukan pakta integritas, jajarannya juga menggandang Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, dalam pemeriksaan LPj serta pemeriksaan dalam pencairan bantuan operasional siswa (BOS) terhadap siswa MI, Mts maupun MA. “Itu contoh kecil kami menggandeng Kejari Gresik agar penerapannya tidak melanggar aturan,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, lanjut Markus, Kemenag Gresik juga memita kepada Kejari untuk memberi pelatihan terhadap jajarannya terkait penggunaan anggaran agar tidak melanggar aturan. “Kejari Gresik kami beri ruang terkait dengan pelaksanaan WBBM dan WBBK,” tandasnya. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar