Politik Pemerintahan

Pilkada Kediri 2020

Keluarga Besar dan Alumni Lirboyo Dukung Cabup Hanindhito Pramono

Kediri (beritajatim.com) – Keluarga besar dan alumni Pondok Pesantren Lirboyo Kediri menggelar deklarasi dukungan terhadap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono-Dewi Maria Ulfa, Kamis (3/12/2020) malam.

Mereka melakukan ikrar mendukung dan siap memenangkan Dhito-Dewi dalam Pilkada Kediri, 9 Desember 2020. KH Oing Abdul Mu’id Shohib, selaku perwakilan kumpulan Gus muda atau Gawagis Lirboyo Kediri Raya mengatakan bahwa putra Sekretaris Kabinet RI Pramono Anung itu sudah beberapa kali bersilaturahmi ke Lirboyo.

Bahkan, sebelum bertemu dengan Gawagis, juga sowan kepada para masyayikh Lirboyo seperti KH. Anwar Mansur dan KH. Khafabihi Mahrus. “Kami dari Gawagis menilai mas Dhito mempunyai kapasitas untuk memimpin Kabupaten Kediri,” jelas Gus Muid, panggilan akrab KH. Oing Abdul Mu’id Shohib.

“Visi misinya bagus berkaitan dengan pesantren dan pendidikan karakter, selain juga program-program infrastruktur lainnya. Akhirnya kita sepakat untuk memberikan dukungan dan mengimbau alumni, santri, simpatisan Ponpes Lirboyo juga masyarakat Kabupaten Kediri untuk memilih dan mendukng Mas Dhito,” lanjutnya.

Masih kata Gus Muid, mengutip pernyataan KH. An’im Falahuddin Mahrus bahwa mengangkat pemimpin dihukumi fardu khifayah. Maka, dirinya mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Kediri memilih Mas Dhito dengan niat yang baik.

“Sebagaimana yang disebutkan Gus An’im nasbul immamah atau (mengangkat pemimpin) hukumnya fardhu kifayah. Kalau kita niat baik berangkat ke TPS itu bagian dari ibadah,” imbuhnya.

Terpisah, Cabup Kediri Hanindhito Himawan Pramono mengatakan telah menjalin komunikasi dengan Pesantren Lirboyo sejak lama. Bahkan, saat hendak mencalonkan menjadi Bupati Kediri pesantren yang pertama kali dikunjungi adalah Ponpes Lirboyo, Kota Kediri.

“Alhamdulillah ketika saat ini Pondok Pesantren Lirboyo ini berikan dukungan kepada saya maka ini amanah yang wajib saya jaga,” kata Dhito.

Dhito menerima masukan dari para Gawakis mengenai porsi pendidikan agama yang akan jadi salah satu perhatian jika terpilih nanti jadi Bupati Kediri. “Pada hakekatnya pelajaran agama adalah persoalan moral yang akan kita bawa terus menerus,” tutupnya. [nm/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar