Politik Pemerintahan

Kelola Pasar Secara Profesional, Ponorogo akan Bentuk Perusda

Sekda Ponorogo Agus Pramono, Jumat (foto/dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Ingin mencontoh Jakarta dan Surabaya dalam pengelolaan pasar, Pemkab Ponorogo berencana akan membentuk perusahaan daerah (Perusda). Ya dua kota besar itu dinilai sukses dalam mengelola pasar dengan perusda yang mereka bentuk.

“Perusda yang akan dibentuk ini, akan khusus membidangi pengelolaan pasar,” kata Sekda Ponorogo Agus Pramono, Jumat (7/8/2020).

Dengan adanya perusda ini, diharapkan pengelolaan pasar akan lebih profesional. Sebab, jumlah pasar tradisional di Ponorogo cukup banyak. Setidaknya ada 23 pasar yang tersebar di seluruh kecamatan. “Kami targetkan, perusda ini bisa terbentuk sebelum pembangunan Pasar Legi selesai,” katanya.

Pemkab Ponorogo, kata Agus sudah melayangkan suray ke DPRD Ponorogo untuk mengajukan perubahan program pembentukan peraturan daerah (propemperda) tahun ini. Saat ini Pemkab juga sedang melakukan studi kelayakan, kajian akademis, dan meminta izin ke kementerian dalam negeri (kemendagri).

Agus berharap pada Desember nanti, peraturan daerah (perda) tentang pembuatan perusda sudah bisa disahkan. Sehingga pihaknya bisa langsung bisa melakukan rekruitmen perusda tersebut. Adanya Pasar Legi yang saat ini masih dalam proses pembangunan, makin menegaskan akan perlunya perusda yang menangani pasar. Bukan hanya Pasar Legi, tapi juga pasar tradisional lainnya yang tersebar di wilayah Ponorogo. “Kalau dikelola oleh orang-orang profesional, tentu akan lebih bagus,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar