Politik Pemerintahan

Salat di Musala Makam Ki Ageng Bungur

Kelana Ingin Ziarah ke Makam Jadi Tradisi Masyarakat Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Di sela kesibukannya menyapa masyarakat Sidoarjo, Kelana Aprilianto Cabup nomor urut 3, Minggu 1/11), menyempatkan diri berziarah ke makam Mbah Ibrahim Al Jaelani atau Ki Ageng Bungur, di Bungurasih Kecamatan Waru.

Pada kesempatan tersebut Kelana juga melaksanakan salat Dhuhur berjamaah di musala komplek makam bersama warga setempat.

“Saya sengaja berziarah, ke makam Mbah Ibrahim, beliau merupakan tokoh besar, yang patut dijadikan suri tauladan untuk kita semua,”ujar Kelana.

Menurut peria yang juga penasehat RMI Nahdotul Ulama itu, berziarah ke makam para aulia, sudah menjadi kebiasaan dirinya sejak dulu.

Pihaknya berjanji, jika diberikan amanah masyarakat untuk menjadi Bupati Sidoarjo, akan mentradisikan, berziarah ke makam-makam leluhur. Salah satunya Mbah Ibrahim Al Jaelani atau Ki Ageng Bungur.

Sementara itu, pihaknya melihat ada potensi wisata rohani, di Mbah Bungur, karena pengunjungnya sangat banyak dan lahannya yang masih luas.

“Untuk pemberdayaan UMKM yang pastinya akan menambah pendapatan warga sekitar,”kata Kelana.

Ke depan bisa dibangun stan-stan yang memasarkan produk warga sekitar, tentu hal tersebut sangat menambah manfaat dan pendapatan warga.

Makam Mbah Ibrahim Al Jaelani hampir setiap hari banyak dikunjungi para peziarah dari berbagai wilayah, bahkan dari luar pulau.

Sementara itu, Yusuf Darmawan salah satu warga, mengatakan setiap hari terutama malam Jumat, disini sangat ramai sekali peziarah yang bertawasul di makam Mbah Ki Ageng Bungur ini.

Dikatakan Yusuf, warga sangat berharap potensi yang ada di desa mendapatkan perhatian dari pemerintah, yang pastinya akan menambah pendapatan warga sekitar.

“Kita menyambut baik program yang disampaikan pak kelana untuk menjadikan makam Mbah Ki Ageng Bungur ini menjadi sebuah Destinasi wisata religi,”tuturnya. [isa/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar