Politik Pemerintahan

Keinginan Plt Bupati Jember Ringankan Sanksi Kepala Bappeda Ditolak Pemprov

Abdul Muqiet Arief, Pelaksana Tugas Bupati Jember, Jawa Timur

Jember (beritajatim.com) – Abdul Muqiet Arief, Pelaksana Tugas Bupati Jember, Jawa Timur, sudah berusaha agar rekomendasi sanksi untuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Achmad Imam Fauzi diperingan.

“Terlepas dari segala sesuatunya itu adalah anak buah kami. Jadi kami berusaha bagaimana kalau misalnya sanksi berat bisa jadi sanksi sedang, sanksi sedang bisa jadi sanksi ringan. Harapan kami seperti itu. Jadi kami berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan itu,” kata Muqiet, Selasa (24/11/2020).

Muqiet sudah berkonsultasi dengan Inspektorat Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tapi ikhtiarnya meringankan sanksi tersebut gagal. “Kami mungkin masih akan konsultasikan surat (sanksi) itu (ke Pemprov Jatim). Insya Allah salam satu dua hari ini akan kami berikan kepada yang bersangkutan. Kami berusaha semuanya bisa kami bantu sebaik-baiknya,” katanya.

Niat baik untuk meringankan sanksi membuat Muqiet tidak terburu-buru melaksanakan rekomendasi sanksi dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa itu. “Siapa saja di antara keluarga kami di Pemkab Jember akan kami bantu sebisanya. Kecuali kalau kami tidak boleh tidak, harus (melaksanakan),” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam surat bernomor 739/1977/060/2020 tertanggal 19 Oktober 2020, Gubernur Khofifah memerintahkan Pelaksana Tugas Bupati Abdul Muqiet Arief, agar segera menjatuhkan hukuman disiplin tingkat berat kepada Fauzi berupa penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama tiga tahun.

Menurut surat tersebut, Fauzi telah melakukan indisipliner berupa pemberian pernyataan bahwa keterlambatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah kabupaten dan kota seluruh Jatim karena kelalaian gubernur.

Pernyataan ini dinilai dapat mempengaruhi kewibawaan atau kehormatan gubernur dan Pemprov Jatim, dan dilontarkan dalam rapat dengar pendapat di ruang Komisi C DPRD Jember, Senin (5/10/2020). [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar