Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Kecamatan Paciran Kembali Raih Juara Umum MTQ ke-26 Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Kecamatan Paciran dinobatkan sebagai juara umum dalam Ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 tingkat Kabupaten Lamongan tahun 2022, dengan perolehan 7 emas, 8 perak, dan 2 perunggu, atau dengan total skor 129 poin.

Diketahui, MTQ tingkat kabupaten tersebut berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 22 hingga 23 Maret 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 558 peserta dari 27 kecamatan serta dilaksanakan di 14 venue yang tersebar di seluruh Lamongan.

Sedangkan untuk cabang yang dilombakan terbagi menjadi 7 cabang dengan 23 golongan. Seperti cabang Tilawah Quran yang meliputi 8 golongan, salah satunya yakni golongan cacat netra.

Selanjutnya ada Hifzh Al-Quran, Tafsir Al-Qur’an, Syarh Al-Quran, Fahm Al-Qur’an, Khath Al-Quran, serta Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Qur’an.

Dalam kesempatan ini, Kepala KUA Kecamatan Paciran, Ach Suyitno mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat bangga atas diraihnya Juara Umum MTQ ke-26 oleh kafilah dari Paciran.

“Atas nama KUA Kecamatan Paciran saya bangga dan bahagia sekali, karena kafilah Paciran yang sudah kita siapkan sejak 1 bulan lalu bersama Camat, penyuluh agama Islam, Kemenag, BPAI dan pesantren semuanya yang ada di Paciran ini menjadi Juara Umum,” ungkap Suyitno, Rabu malam (23/3/2022).

Menurut Suyitno, bahwa diraihnya Juara Umum dalam ajang MTQ tingkat Kabupaten oleh Kecamatan Paciran ini bukanlah yang pertama kali. Pasalnya pada tahun sebelumnya, imbuh Suyitno, Kecamatan Paciran juga telah sukses menjadi Juara Umum.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita Juara lagi, kemarin tahun 2020 kita juga menjadi Juara Umum dan mampu kita pertahankan hingga saat ini. Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu. Semoga semua masyarakat dan khususnya masyarakat Paciran selalu mencintai Al-Quran,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua panitia MTQ yang sekaligus Kepala Kemenang Lamongan, Fausi menyampaikan rasa syukurnya atas dukungan dari seluruh pihak sehingga pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten ini berjalan dengan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah pelaksanaan MTQ berjalan dengan lancar dan sukses. Terima kasih kepada seluruh peserta, masyarakat, yang telah antusias mengikuti kegiatan MTQ ini, lebih-lebih kepada pemerintah daerah yang telah mensupport penuh MTQ ini sehingga dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” tutur Fausi.

Sementara itu, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas suksesnya kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Lamongan tahun 2022 yang diselenggarakan selama dua hari tersebut.

Selain itu, melihat kualitas dari para peserta dalam ajang MTQ ini, Bupati yang akrab disapa Bupati YES ini optimis jika Lamongan bakal mampu mempertahankan prestasi di ajang MTQ Jatim.

“Luar biasa senang, luar biasa bangga pada hari ini, MTQ tingkat Kabupaten Lamongan tahun 2022 dilaksanakan dengan baik dan sukses. Saya melihat kualitas prestasi yang dibalut dengan semangat belajar, berlatih dan Insya Allah kita nanti bisa mempertahankan gelar juara umum lagi,. Mari kita bulatkan tekad agar pialanya singgah di Lamongan lagi,” ucap Bupati YES.

Bupati YES berharap, melalui MTQ ini kejayaan Lamongan semakin mudah dicapai. “Mari kita kembalikan kejayaan Lamongan melalui MTQ. Lamongan ini gudangnya qori’ qori’ah. mudah-mudahan Al Quran menjadi penolong dan cahaya di bumi Lamongan,” harapnya.

Lebih lanjut, Bupati YES bersama Wabup KH Abdul Rouf langsung menyerahkan hadiah utama kepada para juara MTQ terpilih yang dinilai telah memenuhi syarat provinsi.

Hadiah utama umroh persembahan dari Yayasan Masjid Namira dan Baznas itu jatuh kepada Muhammad Izzudin Sya’bana. Sedangkan hadiah utama sepeda motor dari Bank Jatim jatuh kepada Luthfiah Hamizan Isman.

Turut hadir dalam acara penutupan MTQ ini, seluruh jajaran Forkopimda Lamongan, Ketua MUI Abdul Aziz Khairi, Sekda Moh Nalikan, Camat se-kabupaten, Ketua Ormas, Ketua OPD terkait serta seluruh Kafilah MTQ ke-26 Lamongan.[riq/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar