Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Kecamatan Blimbing Kota Malang Suskes Kembangkan Urban Farming

Foto: Arif saat merawat ikan di Kolam ikan yang ada di Kecamatan Blimbing.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Kecamatan Blimbing sukses mengembangkan urban farming dengan memanfaatkan lahan terbatas. Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Blimbing mampu mengembangkan budidaya ikan dan sayuran.

Lahannya tepat di halaman belakang kantor Kecamatan Blimbing. Sehingga tidak hanya bersih, tetapi bisa menyaksikan budidaya ikan nila, ikan patin, dan berbagai sayuran. Ikan nilanya sehat meskipun perubahan cuaca yang ekstrim. Demikian juga dengan sayuran yang ditanam di polybag, tumbuh dengan subur.

“Berbagai macam sayuran ada di tempat ini mulai dari selada, kangkung, bayam, wortel,  lombok, dan tomat. Ada juga tanaman buah, seperti jambu, nangka, dan rambutan. Hijaunya kawasan kantor ini membuat nyaman,” ujar salah satu staf Kecamatan Blimbing, Arif Coirianto, Rabu (1/12/2021).

Dia mengungkapkan, suburnya tanaman dan lebatnya buah-buahan di Kecamatan Blimbing tidak terjadi begitu saja. Namun butuh perawatan yang sangat ekstra bagus, sehingga ikan dan tanaman ini hidup dan tumbuh dengan baik.

“Untuk ikan agar sehat selain diberi makanan yang bagus. Kami juga mengaplikasikan fermentasi kepada air dan kami berikan aerator yang baik,” kata Arif.

Secara berkala, kata dia, air kolam diganti dan dilakukan pengurangan air kolam kurang lebih 30 persen dari volume kolam. Air kolam yang dikurangi itu tidak dibuang, namun digunakan untuk menyiram tanaman yang ada. “Air kolam sangat bagus untuk tanaman, karena mengandung nutrisi yang hampir lengkap. Itu salah satu rahasia tanaman yang ada di kawasan ini subur dan rajin berbuah,” tutur Arif.

Arif mengungkapkan seperti halnya dengan manusia yang selalu mendapat perawatan, sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Ikan dan tanaman juga memerlukan cinta dan kasih sayang agar terhindar dari berbagai hama dan penyakit dan bisa memberikan manfaat bagi manusia.

“Memelihara ikan dan tanaman, perawatnya harus cinta dulu dengan apa yang dirawat. Maka cinta itu akan terbawa dan sangat  berpengaruh kepada hewan dan tanaman yang dipelihara. Kekuatan cinta akan terbawa dan selalu senang menjalani setiap langkah merawat ikan dan tanaman. Jika itu sudah dilakukan, tentu akan berbalas sempurna. Ikan yang dirawat tumbuh dengan baik, demikian juga dengan tanaman,” tandasnya. (luc/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan