Politik Pemerintahan

Ke Mojokerto, Menteri Ketenagakerjaan RI Serahkan Bantuan

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi dan Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah di Kantor Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Bupati Mojokerto, Pungkasiadi juga menerima kunjungan Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah di Kantor Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto. Kedatangan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyerahkan program bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker).

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi menyampaikan, jika kondisi Kabupaten Mojokerto dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 saat ini khususnya jumlah kondisi ekonomi masyarakat yang terdampak. “Ada kurang lebih 1.464 orang pekerja yang terpaksa dirumahkan, akibat imbas dari pandemi ini,” ungkapnya, Sabtu (4/7/2020).

Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto saat ini terus berupaya menangulangi virus corona dari bumi Majapahit. Selain kesehatan dan Jaring Pengaman Sosial (JPS), Pemkab Mojokerto terus berupaya melakukan pemulihan di bidang ekonomi menuju era new normal.

“Saya sudah keluarkan SE penerapan protokol kesehatan di wisata alam, kita juga membuat tim uji coba pembukaan usaha,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah pun setuju, jika musibah non alam Covid-19 benar-benar membawa dampak tidak hanya untuk Indonesia melainkan hampir di seluruh dunia. Menurutnya, Indonesia tidak hanya mengalami krisis kesehatan, tetapi juga krisis ekonomi yang mengakibatkan masyarakat kehilangan pekerjaan maupun sumber ekonomi sehari-hari.

“Beberapa kali krisis yang pernah dialami, tapi krisis karena Covid ini benar-benar luar biasa pukulannya. Milyaran pekerja di dunia terpaksa di PHK termasuk di Indonesia. Kurang lebih ada 1,7 juta, termasuk yang dilaporkan Bapak Bupati tadi. Namun, kita yakin jika SDM unggul dengan skill, akan ikut berperan dalam memajukan Indonesia. Kementrian Ketenagakerjaan juga akan berusaha meningkatkannya,” ujarnya.

Kunjungannya ke Kabupaten Mojokerto tersebut dalam rangka menyerahkan sejumlah bantuan dari beberapa program Kementrian Ketenagkerjaan RI. Antara lain bantuan program pemerintah Paket BLK Komunitas kepada PCNU Kabupaten Mojokerto, bantuan program pemerintah Paket Padat Karya.

Bantuan program pemerintah Bantuan Covid-19 untuk 26 pesantren pelatihan penanganan Covid-19, bantuan program pemerintah Paket Tugas Pembantuan kepada Dinas Tenaga Kerja, bantuan program pemerintah Paket Kegiatan Tenaga Kerja Mandiri, serta bantuan program pemerintah Inkubasi Bisnis kepada 250 wirausahawan. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar