Politik Pemerintahan

Kasus Covid-19 Naik Terus, Kota Malang Tambah RS Rujukan

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Malang(beritajatim.com) – Kota Malang menambah jumlah Rumah Sakit (RS) rujukan di wilayahnya menyusul lonjakan kasus Covid-19 dalam dua bulan terakhir. Penambahan RS rujukan Covid-19 telah disetujui melalui surat keputusan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Usulan penambahan RS Rujukan. Sudah disetujui (Pemprov Jatim). Jadi total ada 11 RS rujukan di Kota Malang,” kata Walikota Malang, Sutiaji, Kamis, (4/2/2021).

Awalnya Kota Malang memiliki 7 RS Rujukan. Dengan tambahan 4 RS Rujukan ini mereka memiliki 11 RS Rujukan. Tambahan 4 RS ini adalah, RSUD Kedungkandang Kota Malang, RS Panti Nirmala, RS Lapangan Ijen Boulevard dan RS Persada.

Sementara 7 RSUD Rujukan sebelumnya di Kota Malang adalah, Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), RST Soepraoen, RS Lavallete, RS Universitas Islam Malang, RSI Aisyiyah, RS Hermina Tangkuban Perahu, dan RKZ Panti Waluyo.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Malang Dr Husnul Muarif membenarkan mereka kini berstatus RS Rujukan. Secara teknis mereka bisa menerima rujukan dari fasilitas layanan kesehatan atau RS lainnya. Untuk memperkuat status RS Rujukan kini mereka merampungkan beberapa penambahan fasilitas kesehatan.

“RSUD itu sama dengan RS Lapangan (Ijen Boulevard) yang belum punya ventilator ICU. Jadi kita masih berusaha untuk melengkapi sarana prasarana yang diperlukan sebagai syarat RS rujukan Covid. Syaratnya ya ICU, ruang isolasi bertekanan negatif hingga ventilator,” tandas Husnul. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Resep Nasi Aladin Khas Timur Tengah

Resep Sup Kikil, Gurih dan Empuk

Sup Ikan, Menu Berbuka Puasa Bergizi Tinggi