Politik Pemerintahan

Kasus Covid-19 Cenderung Naik, Bupati Gresik Gus Yani Donor Plasma Konvalasen

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani

Gresik (beritajatim.com) – Imbas kasus Covid-19 di Jawa Timur cenderung naik. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) berinisiatif melakukan donor plasma konvalasen di Unit Transfusi Daerah (UTD) PMI Gresik.

Orang nomor satu di Gresik itu, merasa tergugah untuk melaksanakan donor darah konvalasen seiring meningkatnya kasus Covid-19.

Seperti diketahui, plasma konvalasen sangat dibutuhkan bagi pasien yang terpapar positif Covid-19 karena 90 persen bisa menyembuhkan penyakit mematikan ini.

“Kami berharap bagi para penyitas Covid-19 Gresik yang telah sembuh dapat mendonorkan plasmanya kepada pasien covid. Bahkan, untuk menambah para pendonor plasma konvalasen. Dalam setiap rapat akan saya sampaikan,” ujarnya, Rabu (16/06/2021).

Ia menambahkan, agar lebih banyak lagi para penyitas mendonorkan plasmanya. Dirinya memberikan motivasi sampai pada tingkat RT dan RW.

“Ini penting sebab para Ketua RT dan RW lebih tahu siapa warganya yang sudah sembuh dari covid,” imbuhnya.

Sementara Ketua PMI Gresik M.Najib menuturkan, keberadaan PMI Gresik ini banyak melayani kebutuhan dari berbagai daerah.

“Saat ini kasus Covid-19 ada peningkatan. PMI Gresik menjadi jujugan beberapa rumah sakit di Jawa Timur maupun luar Jatim. Malahan kami beberapa kali mengirim darah atau plasma konvalasen dikirim melalui kargo,” pungkasnya.

Kepala UTD PMI Gresik, dr Jufrita menyatakan kendalanya saat ini para penyitas Covid-19 yang sudah lama masih enggan mendonorkan plasmanya. Kuatirnya jika terlalu lama anti bodinya bisa menurun.

“Pedonor plasma konvalasen di Gresik ada 1000 orang. Jumlah itu, masih sedikit dibanding para penyitas covid-19,” tandasnya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar