Politik Pemerintahan

Kasus Caleg Hanura akan Disidangkan di Bawaslu Jatim

Jember (beritajatim.com) – Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember Thobroni Pusaka mengatakan, kasus calon legislator DPRD Jember dari Partai Hanura di Daerah Pemilihan II akan dilimpahkan ke Bawaslu Jawa Timur.

“Berdasarkan Peraturan Bawaslu Nomor 8 Tahun 2018, temuan pelanggaran administratif disidangkan di Bawaslu provinsi,” kata Thobroni, Rabu (22/5/2019).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ariandri Shifa Laksono, calon legislator DPRD Jember nomor urut 5 di Daerah Pemilihan II, tidak tercantum dalam surat suara. Dalam surat suara justru tercantum nama Sugeng Hariyadi, calon legislator yang sudah meninggal dunia dan sudah diusulkan pergantiannya oleh DPC Hanura sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Kesalahan ini membuat Jumadi Made, saksi Partai Hanura, menolak menandatangani berita acara rekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu. “Pemilu di Dapil II cacat hukum. Kalau sudah cacat hukum, bagaimana dengan DPRD Jember-nya,” katanya.

Thobroni mengatakan pelimpahan berkas akan dilakukan dalam waktu satu atau dua hari ini, karena terkait dengan Komisi Pemilihan Umum RI. Ia membenarkan jika kemungkinan besar kasus ini akan berlanjut ke Mahkamah Konstitusi setelah putusan sidang administratif keluar. “Putusan itu bisa digunakan untuk ke MK sebagai tindak lanjut dari sidang administratif di Bawaslu,” katanya. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar