Politik Pemerintahan

KASN Puji Langkah Cepat Pemprov Jatim Tangani Pelanggaran Netralitas ASN

Surabaya (beritajatim.com) – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengapresiasi Pemprov Jatim atas langkah cepat yang telah diambil terhadap rekomendasi pelanggaran netralitas ASN.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah memproses sanksi bagi ASN yang telah melanggar aturan. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi ASN-ASN yang lain agar tidak melakukan hal yang sama,” kata Ketua KASN, Agus Pramusinto, Rabu (4/11/2020).

Seperti diketahui, KASN telah merekomendasikan sanksi terhadap tiga ASN Pemprov Jatim. Ketiganya ialah mantan Kepala Dinas ESDM Jatim Setiajit, mantan Kepala Bakorwil Pamekasan Fattah Jasin dan Firmansyah Ali saat menjadi Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Jatim di Bangkalan.

Agus menegaskan, ASN jangan sekali-kali terlibat dalam kegiatan dukung-mendukung paslon dalam Pilkada. Walaupun sekecil apapun kegiatannya, KASN akan tetap melakukan tindakan tegas, karena aturan-aturannya juga sudah sangat jelas dan tegas.

“Jadi, jangan sampai sedikitpun terlibat di dalam pilkada. Intinya, semua ASN harus bersikap profesional, sehingga mereka bisa memberikan pelayanan masyarakat dengan baik,” tegas Agus.

Menurut dia, hingga sekarang ini sudah sekitar 793 aduan dalam Pilkada 2020 ini. Dari jumlah tersebut sudah 571 yang ditindaklanjuti atau sebanyak 55 persen yang diproses sanksi-sanksinya. “Jadi, ada sekitar 45 persen yang belum ditindaklanjuti atau belum ditangani. Jenis pelanggarannya beragam, ada yang ringan, sedang hingga terberat,” pungkasnya. [tok/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar