Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Kartar Sidoarjo Masa Bhakti 2022-2027 Dikukuhkan, Ini Pesan Gus Muhdlor

Sidoarjo (beritajatim.com) – Kepengurusan Karang Taruna Kab. Sidoarjo masa bhakti 2022-2027 pimpinan Abdul Mughis, dikukuhkan oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Mujdlor Ali (Gus Muhdlor) di Pendopo Delta Wibawa Minggu (15/5/2022).

Hadir dalam pengukuhan itu, Letkol Inf Masarum Djati Laksono, Wakil Ketua Karang Taruna Jatim Yudi Qoirawan, Wakil Ketua DPRD M Kayan (Fraksi Gerindra), Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Emir Firdaus (Fraksi PAN), anggota Komisi A DPRD Sidoarjo Choirul Hidayat (PDIP) dan anggota Komisi D DPRD Sidoarjo Hj Mimik Idayana (Gerindra).

Bupati Sidoarjo H. Ahmaf Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan dan pengembangan desa, diperlukan adanya sinergi pemerintah desa (pemdes) dengan para pemuda. Yakni organisasi Karang Taruna (Kartar).

Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat membangun sebuah desa yang Iebih maju Iewat inovasi dan terobosan para pemuda. Bupati Gus Muhdlor berpesan kepada ketua dan pengurus terpilih agar selalu menjaga komunikasi yang baik dengan pemerintahan desa.

“Karang Taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan adalah wadah dan sarana pengembangan, terutama generasi muda di wilayah desa atau kelurahan yang ikut berperan terhadap pembangunan di wilayah tersebut,” katanya.

Alumni Unair Surabaya itu berpesan karang taruna harus berdampingan dengan pemerintah dan komponen masyarakat Iainnya untuk pengembangan potensi generasi muda di desa dalam rangka pembangunan desa ke arah yang lebih baik.

“Karang Taruna harus bisa menghidupkan peran serta pemuda dalam pembangunan desa melalui berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut putra KH Agoes Ali Masyhuri menjelaskan, bahwa karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif.

Salah satunya dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia di lingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang ada. ”Karang taruna harus melaksanakan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah sosial di lingkungannya,” tegasnya.

Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Sidoarjo H. Choirul Hidayat menekankan banyak hal yang bisa dilakukan anggota karang taruna untuk mewujudkan peningkatan kesejahtaraan sosial bagi warga desa pada umumnya dan khususnya pemuda.

“Kami berharap karang taruna harus terlibat dalam proses pembangunan desa, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, jadi tidak menjadi penonton saja melainkan harus ikut terjun langsung membangun desa bersama pemdes,” harap politisi PDI Perjuangan di DPRD Sidoarjo itu.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo, Abdul Mughis bertekad untuk merangkul semua pemuda dari berbagai golongan. Karena Kartar bukan hanya memilik satu golongan.
“Saya berkomitmen akan merangkul semua pihak untuk bersama-sama memberikan warna positif untuk Sidoarjo,” janjinya.

Ia menambahkan, karang taruna sebagai partner dari pemerintah daerah akan siap terjun langsung di tengah masyarakat untuk menyukseskan program pemerintah.

Khususnya yang berkaitan dengan tupoksi dari karang taruna itu sendiri. “Kami tancap gas untuk koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa guna mewujudkan pembangunan bagi kepentingan masyarakat,” paparnya.

Saat Ramadan kemarin, lanjut dia, dirinya bersama pengurus melakukan safari ramadan bersama masing-masing karang taruna dari kecamatan. Pihaknya mencoba menghubungkan kembali komunikasi mana yang terputus dari temen-temen kecamatan dengan Camat setempat.

“Termasuk karang taruna yang ada di desa maupun kelurahan dengan kepala desanya, kita coba memperbaiki kembali dan jangan sampai tabrakan, antara Karang Taruna dengan kades atau lurahnya,” urai Aktivis Jaringan Muda Nahdlatul Ulama (Jarmunu) Sidoarjo itu. (isa/kun)

 

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar