Politik Pemerintahan

Kampung Tangguh Jabon Gelar Simulasi Cepat Tanggap Covid-19

Sidoarjo (beritajatim.com) – Warga Desa Permisan, Jabon, Sidoarjo, digemparkan dengan adanya seorang warga setempat yang pingsan mendadak. Seketika tim medis dan tiga pilar desa sigap melakukan pertolongan dan evakuasi lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD). Untuk kemudian diberi penanganan lanjutan oleh satgas kesehatan.

Begitulah simulasi penanganan warga yang terindikasi Covid-19, dalam acara launching Kampung Tangguh Semeru enam desa di Kecamatan Jabon, yang berlokasi di Desa Permisan Selasa (23/6/2020). Keenam desa di wilayah Kecamatan Jabon tersebut adalah Desa Permisan, Dukuh Sari, Kedung Cangkring, Kupang, Panggreh, dan Keboguyang.

Peluncuran Kampung Tangguh di Jabon, dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, Wakapolresta Sidoarjo beserta pejabat utama Polresta Sidoarjo, Forkopimka Jabon, Kepala Puskesmas Jabon, kepala desa, dan tokoh masyarakat setempat.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji mengapresiasi upaya sejumlah desa di Kecamatan Jabon yang telah membentuk Posko Kampung Tangguh. Tidak hanya bermanfaat untuk menekan penyebaran Covid-19 saja.

Kampung Tangguh menurut Kombes Pol. Sumardji, juga membuat tangguh keamanan di desa-desa. Apalagi didukung totalitas tiga pilar. Ada juga ketangguhan yang dilakukan para satgas di Posko Kampung Tangguh.

Misal satgas pemakaman dan satgas kesehatan, bagaimana masyarakat di wilayah Kecamatan Jabon begitu kompak menangani warga korban virus corona. “Semua saling peduli dan gotong royong, satu dengan lainnya bahu-membahu membantu warga terdampak Covid-19. Inilah yang ditunjukan warga Jabon dan harapannya dapat ditiru warga lainnya,” katanya.

Sebab itu, Kombes Pol. Sumardji berharap launching Kampung Tangguh di Kecamatan Jabon yang diwakili ke enam desa dapat terus lestari. Pasca launching harus terus semarak agar desanya tetap tangguh di segala bidang.

Sedangkan Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin juga menyambut baik, upaya warga di ke enam desa Kecamatan Jabon dalam rangka membalikan keadaan dampak Virus Covid-19. “Dari Pemkab Sidoarjo sangat mendukung upaya desa-desa agar segera pulih dari dampak Covid-19. Salah satu paling efektif adalah melalui pembentukan Kampung Tangguh,” jelasnya.

Cak Nur juga memperingatkan kembali meskipun sudah melewati tahapan PSBB hingga yang ketiga, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, serta membiasakan hidup bersih dan sehat. “Kita semua berharap Kabupaten Sidoarjo benar-benar terbebas dari virus corona,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, juga ditunjukan kesiapan Posko Kampung Tangguh ke enam desa di Jabon. Yakni dengan adanya pos cek poin, lumbung pangan, ruang kesehatan dan isolasi, panel data, sentra UMKM desa, dan beberapa keunggulan desa. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar