Politik Pemerintahan

Kalah di PN Jember, Pengacara Camat: Lawan Kami Negara

Jember (beritajatim.com) – Muhammad Ghozali, Camat Tanggul, akhirnya kalah dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jember, Jawa Timur, Rabu (13/1/2021). Gugatannya terhadap Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kandas.

Ghozali menggugat Bawaslu Jember dan KASN agar membayar ganti rugi Rp 533 juta atas terbitnya surat rekomendasi sanksi yang ditujukan kepada pemerintah daerah. Bawaslu dan KASN menilai Ghozali terbukti melakukan melanggar netralitas aparatur sipil negara dengan mengampanyekan kandidat bupati petahana Faida.

Namun rupanya majelis hakim yang diketuai Putut Tri Sunarko tidak sependapat dengan gugatan tersebut. Hakim menilai jatuhnya sanksi terhadap Ghozali sudah prosedural dan sesuai regulasi.

Mohammad Husni Thamrin, kuasa hukum Ghozali, mengatakan, kliennya sudah dijatuhi sanksi sebelum putusan majelis hakim. “Seharusnya KASN sebagai lembaga negara menghormati proses hukum yang sedang berjalan, ditunggu sampai selesai,” katanya.

Sejak awal, Thamrin mengaku sudah memberikan taklimat kepada kliennya agar menyadari posisinya. “Saya sampaikan, bahwa yang Anda lawan ini negara. Walau pun negara bisa salah, tapi seringkali kepentingan negara mengalahkan kepentingan rakyatnya. Sekalipun Anda yakin benar, karena yang dilawan negara, belum tentu menang,” katanya.

Menurut Thamrin, Ghozali menyadari itu. Dia hanya meminta keadilan. “Dan apa yang dilakukan (gugatan) terhadap KASN mungkin satu-satunya di Indonesia,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar